Kamis 07 Jan 2021 08:39 WIB

Rakusnya Dua Pencuri Uang Kotak Amal di Mushala ini

Dua pria terekam CCTV saat mencuri kotak amal toilet Mushala Al Huda

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com
Dua pria terekam CCTV saat mencuri kotak amal toilet Mushala Al Huda
Dua pria terekam CCTV saat mencuri kotak amal toilet Mushala Al Huda

jatimnow.com - Dua pria terekam CCTV saat mencuri kotak amal toilet Mushala Al Huda, Dusun Gondang, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kabupaten Malang, Selasa (5/1/2020).

Warga sekitar, Khamim Tohari mengatakan, aksi pencurian tersebut terjadi sekitar pukul 03.15 Wib, Senin (4/1/2021). Dari video rekaman CCTV tampak keduanya mondar-mandir diduga memantau keadaan sekitar.

"Peristiwanya dinihari dalam kondisi sepi, jadi tidak ada warga yang mengetahui. Dalam rekaman rumah saya mulai jam 12 malam pelaku sudah berkeliling untuk melihat situasi dan kondisi lingkungan untuk menunggu aman," ungkap Khamim, Selasa (5/1/2021).

Dalam video rekaman CCTV juga terlihat bahwa keduanya lalu mencoba mencuri kotak amal. Namun karena uang yang ada dalam kotak sudah diambil takmir dan tidak ada isinya, keduanya langsung mengarah pada kotak amal di toilet musala dan berhasil menggasaknya.

"Jadi tidak jadi mengambil kotak amal yang ada di mushola karena para pelaku sudah merogoh-rogohnya tidak ada isinya. Akhirnya mengambil uang di kotak sumbangan toilet umum di dekat rumah saya," tutur dia.

Uang di dalam kotak amal itu diperkirakan sebanyak Rp 2 juta. Sebab setiap Minggu bisa terkumpul Rp 200 ribu dalam kotak tersebut.

"Usai melihat rekaman warga langsung melaporkan pencurian ini pada Polsek Bumiaji dan menunjukkan rekaman CCTV. Agar tidak terulang warga bakal menggiatkan ronda tiap malam. Sebab sudah empat bulan ini tidak ada kegiatan ronda," tambahnya.

CCTV yang ada di lingkungannya diakui sangat membantu karena bisa menunjukkan beberapa ciri-ciri pelaku yaitu mengendarai motor Vario bernomor N 4657 AAN. Di lingkungan itu aksi pencurian juga pernah terjadi dengan kerugian mobil pikap.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement