Rabu 06 Jan 2021 15:34 WIB

Masjid Bersejarah di Madinah yang Sayang Jika tak Dikunjungi

Setiap kali Rasulullah SAW salat di tempat ini senantiasa dinaungi awan.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Fakhruddin
Masjid Bersejarah di Madinah yang Sayang Jika tak Dikunjungi (ilustrasi).
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Masjid Bersejarah di Madinah yang Sayang Jika tak Dikunjungi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Salah satu kenikmatan dalam berhaji/umrah adalah saat melakukan city tour/ziarah ke situs-situs bersejarah dan objek wisata lainnya. Misalnya ketika ziarah ke Madinah ada masjid bersejarah yang mesti dikunjungi selain masjid Nabawi.

Di Madinah Al Munawaroh, tempat yang patut untuk dikunjungi adalah masjid masjid di sekitar Nabawi. 

Pertama adalah Masjid Abu Bakar As Siddiq dan masjid ini dibangun-direnovasi oleh Umar bin Abdul Aziz (87-93H/706-1712 M) Sultan Ottoman Abdul Majid pada tahun 1275H/1858M. Juga pernah direnovasi oleh Sultan Ottoman Mahmud II (1254H/1838).

Kedua Masjid Al-Ghamamah 

Masjid ini dikenal dengan masjid awan dibangun/direnovasi oleh Sultan Ottoman Abdul Majid pada 1275H/1858M. Letaknya di sebelah barat daya Masjid Nabawi. Rasulullah SAW menjadikan tempat ini sebagai tempat salat Ied. Diberi nama Al Ghamamah karena setiap kali Rasulullah SAW salat di tempat ini senantiasa dinaungi awan. Tempat ini juga sebagai tempat pelaksanaan salat Istisqo salat minta hujan pada masa beliau

Ketiga Masjid Umar bin Khathab

Masjid ini dibangun oleh Syamsudin Muhammad bin Ahmad Salawi (850H/1446M). Kemudian direnovasi oleh Sultan Ottoman-Mahmud II (1254 h/1838M) dan dilanjutkan oleh putranya Sultan Abdul Majid I (1266H/1849M).

Keempat Masjdi Utsman bin Affan 

Masjid ini terletak di Jalan Abu Bakar As Siddiq dibangun tahun 1404H. Belum ada keterangan lain dari tentang masjid ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement