Rabu 06 Jan 2021 19:39 WIB

Bos McLaren: Butuh Beberapa Tahun agar Setara Mercedes di F1

Musim 2020 sangat mengesankan bagi McLaren.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pempalap McLaren, Lando Norris, menjaga tubuh tetap fit selama karantina di rumah
Foto: Wikimedia
Pempalap McLaren, Lando Norris, menjaga tubuh tetap fit selama karantina di rumah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- McLaren membutuhkan waktu beberapa tahun lagi sebelum bisa menyaingi Mercedes didi depan grid Formula 1. Hal itu disampaikan kepala tim McLaren, Andreas Seidl.

McLaren melalui musim 2020 yang kuat dengan mengamankan hasil terbaiknya dari era hybrid V6 saat kembali ke posisi tiga besar F1 di kejuaraan konstruktor. Ini pertama kalinya sejak 2012 setelah berhasil merombak Racing Point menjadi tempat ketiga pada balapan terakhir tahun 2020 di Abu Dhabi.

Tim menjalin kemitraan sebelumnya dengan Mercedes dengan mengambil unit tenaga pabrikan Jerman untuk 2021. Sebelumnya, mereka juga telah mendatangkan Daniel Ricciardo dari Renault untuk bermitra dengan Lando Norris untuk mempertahankan posisinya di depan kemudi F1.

Terlepas dari peningkatan mengesankan McLaren, Seidl telah mendesak timnya untuk tetap membumi, memperingatkan bahwa tim Inggris masih mengejar ketertinggalan dalam hal organisasi dan infrastruktur dibandingkan dengan tim-tim terkemuka.

“Saya pikir kami harus tetap realistis meskipun hasil yang baik di sisi kejuaraan dengan P3,” kata Seidl dilansir dari laman Crash, Rabu (6/1).

“Kami tahu persis di mana kami berada. Masih ada celah yang sangat besar pada mobil-mobil di depan, terutama pada mobil Mercedes. Saya pikir yang terpenting pertama-tama, adalah melihat bahwa tim, tahun ini, di bawah kepemimpinan James Key telah menghasilkan mobil yang sangat kompetitif, sebuah langkah maju yang hebat dibandingkan tahun lalu," ujarnya menambahkan.

“Senang juga melihat bahwa terlepas dari semua tantangan dengan pandemi, tim terus bekerja keras di belakang rumah dalam bidang teknik dan produksi untuk terus memperbarui lintasan, yang pada akhirnya terus meningkatkan kinerja mobil," kata dia.

Seidl memperingatkan bahwa McLaren tidak boleh terbawa suasana dengan kesuksesan pada tahun 2020 dan harus tetap fokus pada apa yang akan menjadi pertarungan lini tengah lainnya pada tahun 2021.

“Dengan hasil yang kami kumpulkan, sangat membantu untuk tetap semangat dalam tim, untuk melalui tantangan-tantangan ini bersama-sama sebagai satu tim bersama dengan semua dukungan yang kami dapat juga dari rumah,” kata dia.

“Kami mendapatkan susunan pembalap baru juga dengan masuknya Daniel (Ricciardo). Sangat bagus bagi kami untuk mendapatkan referensi seperti Daniel, seorang pemenang balapan yang telah terbukti di masa lalu bahwa dia dapat memenangkan balapan dengan memiliki materi yang tepat," ujarnya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement