Kamis 07 Jan 2021 20:57 WIB

Jokowi Masuk Kelompok Pertama Penerima Vaksin Covid-19

Kelompok pertama yang disuntik vaksin Covid adalah pejabat publik pusat dan daerah.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andri Saubani
Presiden RI Joko Widodo.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Presiden RI Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak sendirian dalam menjalani vaksinasi Covid-19 perdana pada Rabu pekan depan, 13 Januari 2021. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, ada tiga kelompok yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 pertama di Indonesia.

Kelompok pertama, ujar Wiku, adalah pejabat publik pusat dan daerah. Presiden Jokowi masuk dalam kelompok ini. Kedua, pengurus asosiasi profesi tenaga kesehatan dan pimpinan kunci dari institusi kesehatan di daerah. Sedangkan kelompok ketiga adalah tokoh agama di daerah.

Baca Juga

"Hal ini mencermikan komitmen pemerintah untuk sediakan vaksin yang aman dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujar Wiku dalam keterangan pers di kantor presiden, Kamis (7/1).

Dilibatkannya tiga kelompok di atas, ujar Wiku, juga diharapkan mampu meningkatkan semangat masyarakat untuk divaksin Covid-19. Pemerintah, ujar Wiku, berupaya membuat masyarakat tidak lagi ragu untuk divaksin.

"Selanjutnya akan diteruskan pelaksanaannya secara menyeluruh kepada seluruh masyarakat secara bertahap," kata Wiku.

Diberitakan sebelumnya, vaksinasi Covid-19 perdana di Indonesia akan dijalankan pada Rabu (13/1) pekan depan. Namun Presiden Jokowi menegaskan bahwa vaksinasi ini tetap menunggu terbitnya izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). EUA sendiri ditargetkan bisa rilis pekan ini atau awal pekan depan.

Vaksinasi Covid-19 ditargetkan akan dilakukan terhadap 70 persen populasi Indonesia atau 182 juta penduduk. Angka ini adalah batas minimal vaksinasi agar tercapai kekebalan komunitas atau herd immunity. Bila kekebalan komunitas tercapai, maka masyarakat bisa lebih leluasan menjalankan aktivitas sehari-hari, tentu dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

photo
Indonesia mengimpor vaksin Covid-19 dari berbagai produsen vaksin dunia. - (Tim Infografis Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement