Selasa 12 Jan 2021 13:23 WIB

Vonis Houthi Teroris oleh Amerika Serikat dan Dampaknya

Terdapat 2 dampak vonis Houthi teroris oleh Amerika Serikat

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat 2 dampak vonis Houthi teroris oleh Amerika Serikat. Gerilyawan Houthi di Yaman.
Foto: AP/Hani Mohammed
Terdapat 2 dampak vonis Houthi teroris oleh Amerika Serikat. Gerilyawan Houthi di Yaman.

IHRAM.CO.ID, SANAA – Konflik Yaman yang melibatkan Houthi dukungan Iran, memasuki babak baru. Pemerintah Amerika Serikat melalui Donald Trump, Sang Presiden, memasukkan Houthi Yaman ke dalam daftar organisasi teroris.  

Tindakan ini merupakan salah satu tindakan terakhir pemerintahan Trump sebelum pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat pada 20 Januari nanti.

Baca Juga

Langkah ini pun dinilai akan  dapat mengganggu upaya perdamaian. Selain itu, juga menghambat pengiriman bantuan penyelamat jiwa di Yaman yang tingkat kelaparan di sana kian meningkat.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan pada Ahad bahwa Kongres akan diberi tahu tentang niatnya untuk menyebut gerakan Houthi Yaman sebagai organisasi teroris. Berikut beberapa implikasi yang mungkin terjadi, dilansir Aljazirah, Selasa (12/1)

1. Krisis kemanusiaan memburuk

Pompeo mengatakan Amerika Serikat berencana untuk menerapkan langkah-langkah untuk mengurangi efek penunjukan teroris pada aktivitas kemanusiaan dan impor tertentu, seperti makanan dan obat-obatan ke Yaman. 

Perang yang berlangsung lebih dari lima tahun telah menyebabkan 80 persen warga Yaman bergantung pada bantuan. Bahkan, jutaan orang berada di ambang kelaparan.

Terlebih, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memperingatkan bahwa Yaman sedang menghadapi krisis kelapan terbesar di dunia dalam beberapa dekade karena kekurangan dana. Lembaga bantuan khawatir pekerjaan mereka sekarang akan dikriminalisasi.

Gerakan houthi adalah otoritas de facto di Yaman utara. Organisasi kemanusiaan harus mendapatkan izin untuk melaksanakan program bantuan serta bekerja dengan kementerian dan sistem keuangan lokal.

Penunjukan Houthi sebagai gerakan teroris asing dapat memengaruhi akses Yaman ke sistem keuangan dan pengiriman uang dari luar negeri, serta mempersulit impor dan menaikkan harga barang.      

Organisasi bantuan telah lama memperingatkan bahwa sanksi dapat menjadi bencana bagi upaya untuk membantu warga sipil Yaman yang kelaparan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement