Selasa 12 Jan 2021 17:10 WIB

Dinkes Depok Tegaskan tak Perlu Khawatir Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 yang akan diberikan sudah dinyatakan aman.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita.
Foto: Dok Pemkot Depok
Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menegaskan bahwa tidak perlu khawatir berlebihan atas vaksinasi Covid-19 yang diberikan pemerintah. Vaksin Covid-19 yang akan diberikan aman.

"Warga Kota Depok tidak perlu khawatir berlebihan, vaksin Covid-19 ini aman," kata Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita, usai bersama Wali Kota Depok, Mohammad Idris meninjau persiapan pemberian vaksin Covid-19 di RSUI Depok Selasa (12/1).

Menurut Novarita, vaksinasi adalah proses pemberian vaksin Covid-19 dengan cara disuntikkan ataupun diteteskan ke dalam tubuh untuk meningkatkan produksi antibodi seseorang guna menangkal penyakit tertentu. "Dalam konteks Covid-19, vaksin yang disuntikkan ke tubuh manusia dapat menciptakan suatu kekebalan tubuh," terangnya.

Novarita menjelaskan, vaksin Covid-19 yang diberikan yaitu virus yang telah dilemahkan sehingga akan tumbuh antibodi dalam tubuh orang yang divaksinasi.

"Jadi, pemberian vaksin Covid-19 tidak akan menularkan ke orang lain. Dan, orang yang telah di vaksin, tubuhnya akan memiliki antibodi yang lebih kuat sehingga tidak rentan terhadap penularan Covid-19," tegas Novarita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement