Dampak Bagi yang Abaikan Adab Ketika Ibadah

Selasa , 12 Jan 2021, 21:47 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Dampak Bagi yang Abaikan Adab Ketika Ibadah. Foto: ilustrasi Jamaah Haji Nigeria
Dampak Bagi yang Abaikan Adab Ketika Ibadah. Foto: ilustrasi Jamaah Haji Nigeria

IHRAM.CO.ID, JAKARTA-Setiap hukum syariat dan rukun Islam memiliki adab. Sebagai orang yang beriman hendaknya berusaha sebisa mungkin untuk mengerjakan segala sesuatu dengan meneliti dan menjaga adab adabnya.

 

Terkait

Syekh Abdul Aziz Rah.a. menulis di dalam kitab tafsirnya Tafsir Azizi menyebutkan, "Barangsiapa yang bermalas-malasan menjaga adab, ia akan diharamkan dari menjaga sunnah, dan ia akan diazab dengan diharamkan dari menjaga fardhu. Dan barangsiapa yang meringankan-ringankan fardhu ia akan diazab dengan diharamkan dari makrifat."

Baca Juga

Inilah sebabnya kata Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi Rah.a dalam kitabnya Fadilah Haji di dalam hadits banyak sekali perkara-perkara yang dikatakan sebagai kekufuran, karena sesuai dengan kaidah di atas, yakni perkara-perkara itu menyampaikan seseorang kepada kekufuran.

"Oleh karena itu hendaknya memperhatikan adab dalam setiap hukum syariat," katanya.

Menurutnya apabila tidak bisa dijaga karena adanya udzur, maka tidaklah mengapa. Akan tetapi pentingnya dan keagungan harus tetap ada didalam hati.

"Sekali-kali jangan sampai meninggalkannya karena teledor atau menganggapnya sebagai sesuatu yang sia-sia," katanya.

Syekh Muhammad Zakariyya mengatakan para alim ulama telah mengumpulkan dengan penuh perhatian adab-adab dan mustahabbat hukum-hukum syariat ditempatnya masing-masing. Hendaknya semua itu dicari dan dipelajari.

"Dengan duduk bersama para alim ulama serta bermuzakarah dengan mereka banyak sekali adab yang bisa diketahui," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini