Rabu 13 Jan 2021 17:45 WIB

Sukabumi Genjot Bangun Infrastruktur Kawasan Geopark Ciletuh

Infrastruktur jalan terus digenjot termasuk ke wilayah Ciptagelar.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas memeriksa curug di kawasan wisata alam Curug Hepi, Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (27/10/2018).
Foto: Antara/Nurul Ramadhan
Petugas memeriksa curug di kawasan wisata alam Curug Hepi, Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (27/10/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemkab Sukabumi menggenjot pembangunan infrastruktur ke kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Langkah ini sebagai bagian untuk menghadapi revalidasi yang akan dilakukan Unesco.

''Infrastruktur jalan ke kawasan geopark akan terus digenjot,'' ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Rabu (13/1).

Baca Juga

Pembangunan ini dengan dukungan masyarakat yang baik terhadap keberadaan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) terkait revalidasi. Marwan mengatakan, potensi yang dimiliki sudah didorong sebagai faktor penunjang penilaian. Salah satunya kultur budaya di Ciptagelar.

Fokusnya kata Marwan, infrastruktur jalan terus digenjot termasuk ke wilayah Ciptagelar. " Infrastruktur jalan sedang dalam pengerjaan. Ketika selesai, rute Palabuhanratu - Ciptagelar hanya memerlukan waktu 30 menit," imbuh dia.

Marwan mengatakan, dukungan tidak hanya dari masyarakat, melainlam Pemerintah Provinsi Jawa Barat mulai melirik potensi lain di wilayah CPUGG. Di mana CPUGG bisa menjadi ikon pengembangan pariwisata unggulan di wilayah Jabar Selatan.

"Nantinya di geopark terdapat banyak potensi wisata yang bisa dioptimalkan selain Puncak Dharma," ungkap Marwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement