Rabu 13 Jan 2021 19:14 WIB

Apakah Anda Penerima Vaksin Covid Tahap Pertama? Cek di Sini

Anda perlu mengakes web Peduli Lindungi guna mengetahui apakah terdaftar di tahap 1.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani suntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac.
Foto: @jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani suntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program vaksinasi Covid-19 dimulai hari ini, Rabu (13/1) dengan Presiden Joko Widodo sebagai orang pertama yang disuntik vaksin. Pemerintah selanjutnya menetapkan tenaga kesehatan (nakes) sebagai prioritas untuk tahap awal program vaksinasi.

Para penerima vaksin Covid-19 tahap pertama telah mendapatkan SMS pemberitahuan sejak 21 Desember 2020. Para nakes sebagai prioritas dapat mengecek status dirinya apakah termasuk penerima vaksin tahap pertama atau tidak. Caranya Anda bisa mengakses laman web Peduli Lindungi: https://pedulilindungi.id/cek-nik.

Baca Juga

Namun, pengecekan NIK terkait program vaksinasi Covid-19 baru tersedia untuk nakes, termasuk tenaga penunjang di fasilitas kesehatan, seperti dikutip dari laman Peduli Lindungi. Berikut cara memeriksa status NIK:

1. Buka laman web https://pedulilindungi.id/cek-nik

2. Tulis nama lengkap sesuai yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Tulis Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai yang tertera di KTP

4. Centang captcha 'Saya bukan robot'

5. Klik 'Selanjutnya'

Setelah itu laman itu akan menampilkan status NIK nakes apakah terdaftar atau belum dalam program vaksinasi. Situs itu menulis, bagi nakes yang NIK-nya berstatus belum terdaftar, bisa memeriksa kembali Nama dan NIK yang ditulis pada form pemeriksaan. Jika sudah benar, tetapi tetap tidak terdaftar, nakes bisa mengirim e-mail ke [email protected].

Namun syarat dan ketentuan berlaku sebagai berikut:

1. Judul e-mail: VAKSIN NAKES_NIK

2. Pada body e-mail: tulis Nama, NIK, Alamat, No HP, dan tipe Nakes

3. Lampirkan surat keterangan dari Kepala Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) tempat bekerja, untuk menerangkan bekerja sebagai nakes di tempat tersebut Registrasi ulang bagi yang sudah terdaftar

4. Bagi nakes yang telah mendapatkan SMS info vaksinasi Covid-19, bisa melakukan registrasi ulang di halaman utama https://pedulilindungi.id/ Untuk melakukan registrasi ulang, cukup klik tombol 'REGISTRASI ULANG' yang ada di halaman utama Peduli Lindungi. 5. Setelah itu, masukkan nomor HP yang menerima sms info vaksinasi Covid-19, lalu sistem akan mengirimkan kode OTP ke nomor itu. Setelah kode OTP dimasukkan, nakes akan diarahkan ke dashboard pribadi.

6. Untuk melihat tiket vaksinasi, klik menu 'Riwayat & Tiket vaksin COVID-19'. Lihat Foto Infografik: Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19 Gratis.

BACA JUGA: Bisakah Kita Mengubah Takdir? Ini Penjelasan Gamblang Ustadz Abdul Somad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement