Rabu 13 Jan 2021 21:39 WIB

Vaksinasi Tahap I, Tiap Faskes Layani 45 Nakes per Hari

Sebanyak 8.000 dosis vaksin telah disiapkan oleh Dinkes Kabupaten Semarang

Rep: bowo pribadi/ Red: Hiru Muhammad
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau tempat penyimpanan vaksin Covid-19 Sinovac, di gudang Dinkes Provinsi Jawa Tengah, di kawasan industri Tambak Aji, Kota Semarang, Senin (4/1). Jawa Tengah telah menerima tahap pertama penyaluran 62.560 dosis vakin Sinovac.
Foto: dok. Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau tempat penyimpanan vaksin Covid-19 Sinovac, di gudang Dinkes Provinsi Jawa Tengah, di kawasan industri Tambak Aji, Kota Semarang, Senin (4/1). Jawa Tengah telah menerima tahap pertama penyaluran 62.560 dosis vakin Sinovac.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN--Ribuan tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Kabupaten Semarang, bakal menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Kamis (14/1) besok. Seluruh sarana dan prasarana untuk pelaksanaan vaksinasi bagi sasaran prioritas ini telah dipersiapkan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang, Ani Rahardjo mengatakan, total nakes di Kabupaten Semarang yang akan menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama mencapai 3.987 orang.

Untuk keperluan ini, sebanyak 8.000 dosis vaksin telah disiapkan oleh Dinkes Kabupaten Semarang, di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) tempat pelayanan vaksinasi, yang tersebar di kabupaten Semarang.“Untuk vaksinasi tahap pertama ini, kami mendapat jatah 8.000 dosis dan itu merupakan jumlah aman untuk pemberian vaksinasi dua kali kepada tiap- tiap nakes,” jelasnya, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (13/1).

Ani juga menyampaikan, untuk pelaksanaan vaksinasi tahap pertama bagi nakes di Kabupaten Semarang, Kamis besok, Dinkes Kabupaten Semarang menyiapkan sebanyak 30 faskes untuk pelayanan.

Masing- masing terdiri atas 26 Puskesmas, dua rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang serta dua klinik kesehatan. Satu klinik adalan Balai Kesehatan (Balkes) dan satu klinik milik Polres Semarang. Mekanisme pelaksanaannya juga telah dipersiapkan, di mana tiap faskes pelayanan yang telah dipersiapkan tersebut, bakal melayani 45 orang nakes per hari.

Sedangkan untuk nakes yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19, semuanya sudah terdaftar secara online dari pusat, berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan sebagainya. Karena semua input data nakes sasaran vaksinasi di Kabupaten Semarang, semuanya sudah diproses dari pusat. “Bagi nakes yang memenuhi syarat, langsung mendapatkan notifikasi untuk menerima vaksinasi,” jelasnya.

Perihal kesiapan Kabupaten Semarang untuk melaksanakan vaksinasi tahap pertama di kabupaten Semarang, sebelumnya juga disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah, ganjar Pranowo, di sela melihat langsung kesiapan faskes layanan vaksinasi.

Sebelum memastikan kesiapan di Kabupaten Semarang, gubernur sebelumnya juga melakukan pengecekan persiapan vaksinasi di Kota Semarang. Dua tempat dikunjungi orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah ini.

Masing- masing di Puskesmas Pandanaran dan RSUD Wongsonegoro. Di dua titik itu, Ganjar juga memastikan semua siap melakukan program vaksinasi tahap pertama untuk sasaran prioritas nakes.

Selain para nakes di Kota Semarang dan Kabupaten Semarang, nakes yang ada di Kota Surakarta bakal melaksanakan vaksinasi tahap pertama di Jawa Tengah. “Kita berharap, vaksinasi tahap pertama ini bisa berjalan lancar, karena dukungan sarpras, termasuk vaksinator juga telah siap,” tegasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement