9 Jumadil Akhir 1442

Qatar Selenggarakan Festival Halal ke-10 Bulan Depan

Kamis , 14 Jan 2021, 12:52 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
Festival Halal Qatar.
Festival Halal Qatar.

IHRAM.CO.ID, DOHA -- Festival Halal Qatar tahunan yang sangat populer akan segera digelar Februari 2021 mendatang. Kegiatan ini dipersembahkan oleh Cultural Village Foundation (Katara), sekaligus menandai tonggak sejarah, karena genap berusia 10 tahun saat ini.

Katara mengumumkan hadirnya festival bersejarah ini melalui akun media sosialnya, Rabu (13/1). Festival halal akan diadakan dari 13 hingga 21 Februari di Area Selatan Desa Budaya.

Dilansir di The Peninsula Qatar, Kamis (15/1), saat acara yang berjalan sembilan hari ini dimulai bulan depan, Katara akan kembali menjadi toko serba ada seperti tahun sebelumnya. Festival nanti bertepatan dengan kegiatan Mahaseel Souq, yang lokasinya juga berdekatan dengan tempat festival.

Edisi festival sebelumnya berfokus pada peternakan dan perdagangan ternak sebagai aspek penting dari budaya Qatar. Tahun lalu, kegiatan ini menarik banyak pengunjung karena keunikannya.

Sorotan utama dari festival ini termasuk Al Mazad atau lelang umum daging Halal (domba dan kambing), Al Izab atau lumbung di mana berbagai ras halal seperti domba Suriah dan Arab dipamerkan, serta Al Mazain yaitu kompetisi untuk domba dan kambing terindah.

Selain pelelangan, perlombaan dan pameran, kegiatan edukasi juga diadakan pada festival tahun lalu. Hadir kala itu tenda Badui, dimana proses Sadu dan pembuatan kerajinan terkait lainnya diperagakan kepada pengunjung. Ada sejumlah kios yang menjual kerajinan dan makanan tradisional.

Sebelum minyak ditemukan, Qatar didiami oleh suku Badui yang sangat terampil dalam praktik beternak. Selama berabad-abad, suku-suku tersebut mengandalkan penangkapan ikan, penyelaman mutiara, dan peternakan sebagai sumber mata pencaharian mereka.

Melalui Festival Halal Qatar, Katara melihat kembali kesederhanaan awal di negara ini. Hal-hal tersebut diangkat dalam upaya melestarikan aspek penting warisan budaya yang kaya, agar generasi sekarang dan masa depan dapat mengenal lebih jauh tradisi mereka.

Kepada publik, festival ini juga menawarkan wawasan langka tentang industri peternakan. Pengunjung diajak menjelajahi aspek penting dari budaya Qatar yang tertanam dalam dalam tradisi mereka.

Halal Qatar akan berlokasi di area yang sama dengan Mahaseel Souq, sebuah kegiatan yang menawarkan sayuran segar, madu, produk susu dan daging selama Kamis, Jumat, dan Sabtu. Usaha ini mengubah festival menjadi toko serba ada. Produk organik oleh petani lokal juga dijual di Mahaseel Souq, dengan harga yang sangat bersaing.

 

widget->kurs();?>