10 Jumadil Akhir 1442

Masjid Agung Leeds Menangguhkan Kegiatan Doa Bersama

Kamis , 14 Jan 2021, 13:53 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid di Inggris
Masjid di Inggris

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Masjid di Leeds, Inggris telah memutuskan untuk menutup gerbang dan menangguhkan semua kegiatan sholat untuk melindungi masyarakat dari penyebaran gelombang kedua Covid-19.

"Kami membuat pengumuman ini pada saat NHS telah mencapai titik puncaknya," kata Masjid Agung Leeds dalam sebuah pernyataan di halaman Facebook, dilansir dari About Islam, Rabu (13/1).

London menjadi yang paling terpukul di seluruh Inggris. Termasuk mereka di Leeds dan Yorkshire, diproyeksikan akan menyusul London dalam beberapa hari mendatang.

"Berdasarkan komitmen kami di hadapan Allah, pertama dan paling utama, untuk kesehatan dan keselamatan pribadi Anda semua di jemaat kami, dan semua orang yang menggunakan Layanan Kesehatan Nasional. Kami telah mengambil keputusan untuk menghentikan semua kegiatan komunal di Leeds Grand Masjid, efektif sejak Sholat Subuh Senin 11 Januari 2021," kata pernyataan itu.

Keputusan tersebut dibuat pada 10 Januari 2021 menyusul komunikasi dari Direktur Kesehatan Masyarakat di Dewan Kota Leeds yang mendesak para pemimpin masjid untuk mempertimbangkan penangguhan kegiatan komunal.

Pesan lain datang dari British Islamic Medical Association (BIMA) ke tempat ibadah Muslim yang menekankan bahwa varian baru tersebut tampaknya masih berdampak tidak proporsional terhadap etnis minoritas.

Pejabat masjid mengatakan, bahwa meskipun kegiatan ibadah di masjid di tangguhkan tetapi layanan online akan terus berlanjut, serta berjanji untuk meninjau penangguhan setiap bulan.

“Penangguhan akan ditinjau setiap bulan dan kami akan terus memberi Anda pembaruan mengenai situasi yang sedang berlangsung ini. Kami akan melanjutkan layanan online kami dan memberikan dukungan kepada semua orang yang membutuhkannya di jemaat kami yang berharga," tambah pernyataan itu.

Islam telah menetapkan pedoman tertentu untuk menangani wabah penyakit menular yang mempengaruhi masyarakat, atau bahkan seluruh dunia. Covid-19 adalah salah satu contohnya.

Hampir semua masjid besar di wilayah London di Ealing, Hackney, Harrow, Haringey, Kensington, Leyton, Redbridge, Tower Hamlets dan Westminster telah ditutup. Hal yang sama berlaku untuk masjid di Cambridge dan Woking. Masjid London Timur (ELM) juga ditutup pada 6 Januari, dan pihak manajemen berjanji untuk terus meninjau keputusan tersebut.

 

widget->kurs();?>