Kamis 14 Jan 2021 21:58 WIB

Makam Sederhana Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jabar dimakamkan di Pondok Pesantren Darul Quran.

Cupink Topan dan sejumlah pelayat berdoa di makam Syekh Ali Jaber di Ponpes Darul Quran di Cipondoh, Kota Tangerang, Kamis (14/1).
Foto: Teguh Firmansyah
Cupink Topan dan sejumlah pelayat berdoa di makam Syekh Ali Jaber di Ponpes Darul Quran di Cipondoh, Kota Tangerang, Kamis (14/1).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Teguh Firmansyah

Petang di Pondok Pesantren Darul Quran. Satu per satu pelayat mulai meninggalkan makam Syekh Ali Jaber. Ada yang menuju masjid untuk persiapan sholat Maghrib, ada yang pulang atau sekedar duduk di bangku area Ponpes.

Baca Juga

Beberapa pelayat memilih kembali ke makam Syekh Ali Jaber untuk  melantunkan doa secara khusus. Salah satunya adalah seorang pria berambut gimbal yang sepertinya sudah tak asing.

Mengenakan gamis terusan berwarna krem, ia menengadahkan tangan, berdoa, di ujung pusara Syekh Ali Jaber. Sesekali ia tak kuasa menahan tangis membayangkan kepergian sang guru. Pelayat lain ikut mengaminkan.  

 

Pria itu ialah Sofyan Alop atau akrab dipanggil Cupink Topan, seorang aktor laga yang fasih membaca Alquran. "Syekh Ali sempat ke kampung saya di Tidore tiga bulan lalu, beliau mengajak saya untuk safari bersama, namun sayang waktu itu rencana belum bisa terlaksana," cerita Cupink Topan kepada Republika.co.id, Kamis (14/1).

Cupink sempat kaget mendengar kabar Syekh Ali Jaber wafat. Ia awalnya tak percaya. Namun setelah mendapat konfirmasi, Cupink  tak kuasa menahan kesedihan harus kehilangan seorang guru, syekh penghafal Alquran. "Semoga Allah memberikan tempat terbaik bagi beliau," doa Cupink.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement