Jumat 15 Jan 2021 18:52 WIB

Konjen Jeddah: Umroh di Masa Pendemi Berjalan Seperti Biasa

Belum ada tanda-tanda haji tahun 2021 akan diselenggarakan di masa pandemi.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Fakhruddin
Konjen Jeddah: Umroh di Masa Pendemi Berjalan Seperti Biasa. Aktivitas di Masjidil Haram (ilustrasi)
Foto: republika
Konjen Jeddah: Umroh di Masa Pendemi Berjalan Seperti Biasa. Aktivitas di Masjidil Haram (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Konjen RI Jeddah Eko Hartono mengatakan, umrah di era New Normal pasca penutupan 21 Desember 2020 tetap berjalan seperti biasa. Di masa pandemi Covid-19 ini Pemerintah Arab Saudi masih buka dan tutup ibadah umrah.

"Umrah tetap jalan tapi hanya sedikit jamaahnya," kata Eko saat dihubungi Republika, Jumat (15/1).

Eko mencatat, jamaah umrah Indonesia yang datang ketika umrah kembali dibuka pasca penutupan umrah 21 Desember belum banyak. Hal itu karena tingkat penularan Covid-19 masih tinggi. "Paling sekitar 30 an perpeswt. Tapi tempo hari ada juga 106 jamaah pakai Lion Air mendarat di Madinah," ujarnya.

Eko Hartono mengatakan, belum ada tanda-tanda Haji tahun 2021 akan diselenggarakan di masa pandemi oleh Pemerintah Arab Saudi. Meski demikian KJRI Jeddah tetap memantau perkembangan terkini di Arab Saudi. "Untuk haji 2021 belum ada sinyal," ujarnya.

 

Eko mengatakan, meski belum ada tanda-tanda haji di masa pandemi akan diselenggarakan, tapi Saudi terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait baik di dalam dan luar negeri. Karena dijalankan tidaknya penyelenggaraan ibadah haji tergantung perkembangan Covid-19 di masing-masing negara.

"Tapi Saudi terus kaji dan adakan persiapan seperti rapat-rapa antar instansi. Mereka, masih liat perkembangan Covid di berbagai negara," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement