1 Ramadhan 1442

Habib Ali Ulama Betawi yang Dituakan

Sabtu , 16 Jan 2021, 08:24 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Subarkah
Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf.
Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Wakil Ketua MUI Bidang Dakwah Habib Nabiel Al-Musawa mengatakan, Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf merupakan ulama senior yang dihormati. Habib Ali salah satu murid senior dari Habib Muhammad bin Alwi Al Maliki Makkah seorang wali Allah, menjadi dainya ulama di Jakarta.

"Beliau murid dari Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki itu betul-betul hormat karena beliau senior," kata Habib Nabil pengasuh Majelis Rasulullah saat berbincang dengan Republika, Jumat (15/1) malam.

Kemudian beliau juga kata Habib Nabiel merupakan ulama Betawi yang dituakan oleh para kiyai dan ustaz di Jakarta. Di mana para habaib, dan para kiyai di Jakarta mengaji kitab kepada Habib Ali, maka dari itulah Habib Ali sebagai gurunya para kiai yang dihormati dan dicintai umat.

"Jadi beliau secara keilmuan ini memang mumpuni dari ceramah-ceramahnya beliau bukan dai biasa, tapi dai untuk para ulama," katanya.

Jadi kata Habib Nabiel, Habib Ali, antara usia dan juga keilmuan sepadan. Karena itulah banyak para ustaz dan kiyai, orang  tua dan anak muda mengaji kepadanya.

"Orang-orang pada ngaji kitab, ulama ulama sepuh juga pada ngaji, begitupun juga yang muda," katanya.

Habib Nabiel merupakan pengasuh Majelis Rasulullah menggantikan Habib Munzir ini mengatakan, para habaib, kia, ulama di Jakarta itu mengakui bagaimana keilmuan dan ketokohan Habib Ali. Jadi para pengasuh majelis-majelis besar di Jakarta seperti FPI, Nurul Musthofa, dan Majelis Rasulullah dan Majelise Kwitang sangat menghormatinya.

"Semua kita menghormati beliau, karena beliau ulama yang paling sepuh di Jakarta itu salah satunya beliau. Ada juga Habib Abdurahman bin Syekh Bukit Duri  juga sepuh, tapi habib Ali bin Abdurrahman Asegaf Tebet ini memang diakui," katanya.

Menurut Habib Nabiel, Habib Ali merupakan dai yang tegas, namun tetap lemah lembut dalam menyampaikan pesan-pesan Islam dan ia sayang terhadap semua orang. Sehingga ceramahnya Habib Ali disukai semua kalangan

"Kalau kita mau menemukan kepribadian beliau itu luar biasa, mengayomi, alim juga dan ahli pidato. Kalau beliau itu ceramah orang-orang senang dengan ceramahnya. Kemampuan orasi juga luar biasa," katanya.

 

 

widget->kurs();?>