1 Syawwal 1442

Beberapa Riwayat Mengenai Khasiat Kurma Ajwa

Sabtu , 16 Jan 2021, 17:29 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Beberapa Riwayat Mengenai Khasiat Kurma Ajwa. Inilah kurma jenis Ajwa yang menjadi incaran jamaah haji untuk oleh-oleh dari Tanah Suci.
Foto : Republika/Dewi Mardiani
Beberapa Riwayat Mengenai Khasiat Kurma Ajwa. Inilah kurma jenis Ajwa yang menjadi incaran jamaah haji untuk oleh-oleh dari Tanah Suci.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kurma ajwa dikenal sebagai kegemaran Rasulullah. Kurma ini juga memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa riwayat mengenai khasiat kurma ajwa.

[1] Dari Sad bin Abi Waqqash radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang setiap hari sarapan kurma ajwa 7 butir, maka di racun maupun sihir tidak akan memberikan pengaruh baginya di hari itu.” (HR. Bukhari 5130 & Muslim 5460)

[2] Dari Aisyah radhiyallahu anha, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya dalam kurma ajwa dari daerah Aliyah terdapat obat. Atau bahwa ajwa adalah anti racun di pagi hari.” (HR. Muslim 5462)

[3] Dalam riwayat lain, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Dalam ajwa Aliyah yang dimakan di pagi hari, akan menjadi obat dari setiap sihir dan racun.” (HR. Ahmad 24735 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Baca Juga

Daerah Aliyah adalah perkebunan atau perkampungan dari dataran tinggi Madinah ke arah Nejd (Jazirah Arab bagian tengah). Atau perkebunan di dataran rendah Madinah ke arah Tihamah. Menurut al-Qodhi Iyadh, daerah Aliyah yang paling dekat sejarak 3 mil dan yang paling jauh 8 mil dari Madinah. (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 14/3).

photo

Infografis Minuman yang Paling Disukai Rasulullah - (Republika.co.id)