Sabtu 16 Jan 2021 21:08 WIB

Dengan Bertriathlon, Sandiaga Uji Sport Tourism Mandalika

The Mandalika siap menjadi sport tourism unggulan di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer (tengah) dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah (kanan) mengendarai sepeda listrik  produksi UMKM NTB saat meninjau kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) The Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (15/1/2021). Menparekraf optimistis pengembangan The Mandalika dapat mendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia dan NTB khususnya di bidang sport tourism serta industri kreatif sehingga mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi.
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer (tengah) dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah (kanan) mengendarai sepeda listrik produksi UMKM NTB saat meninjau kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) The Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (15/1/2021). Menparekraf optimistis pengembangan The Mandalika dapat mendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia dan NTB khususnya di bidang sport tourism serta industri kreatif sehingga mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, melakukan kegiatan olahraga triathlon di kawasan The Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu. Sandiaga memulainya dengan berenang sepanjang 500 meter dilanjutkan dengan bersepeda sepanjang 7 km dan berlari dengan menempuh jarak 2,5 km. 

''Kami baru saja menyelesaikan triathlon trial. Setelah mencoba berenang, bersepeda, dan berlari, saya merasakan infrastruktur di sini sangat mendukung," kata Sandiaga Uno, seperti dikutip Antara, Sabtu.

Triathlon trial, kata Sandi, merupakan bagian persiapan untuk mulai menggunakan The Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang difokuskan pada Sport Tourism. Berkat dukungan ITDC dan komunitas olahraga, The Mandalika adalah tempat yang layak untuk sport tourism. 

Sandiaga berharap komunitas bisa berkoordinasi dan berkolaborasi dengan ITDC untuk mulai menyusun event-event sepanjang tahun 2021 menjelang pelaksanaan MotoGP. Hal tersebut dilakukan agar bisa meningkatkan semangat dan motivasi. Selain itu, gaung MotoGP bisa terasa di seluruh wilayah Nusantara.

"Nantinya ada event-event yang akan kami coba kolaborasikan untuk menjadi calendar of event. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol Covid-19 yang ketat," ucapnya.

Direktur Utama PT ITDC, Abdulbar M Mansoer, mengatakan The Mandalika siap menjadi sport tourism unggulan di Indonesia. Kawasan The Mandalika sangat lengkap sehingga bisa disiapkan untuk olahraga apapun.

Selain MotoGP dan WSBK, lanskap The Mandalika cocok untuk olahraga menikmati alam di mana ada 5 pantai, bukit dan gunung yang bisa digunakan untuk trekking serta kegiatan olahraga paralayang. Bahkan, Kemenpora pun sudah menyetujui membangun Mandalika Sports Complex.

"Jadi, kami sangat welcome sekali apabila Kemenparekraf dan komunitas olahraga lainnya ingin memanfaatkan fasilitas the Mandalika," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement