Ahad 17 Jan 2021 16:14 WIB

Covid-19 di Kabupaten Garut Tembus 5 Ribu Kasus

Akumulasi kasus Covid-19 sudah lebih di atas 5.000 kasus, yaitu 5.035 kasus

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut mengonfirmasi penambahan 129 kasus positif Covid-19 pada Sabtu (16/1) kemarin. Alhasil, saat ini jumlah secara akumulasi kasus Covid-19 sudah lebih di atas 5.000 kasus, yaitu 5.035 kasus.

Humas Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut, Yeni Yunita mengatakan, penambahan 129 kasus pada Sabtu kemarin mayoritas berasal dari klater keluarga. Para pasien itu disebut sudah mendapatkan penanganan kesehatan.

"Untuk pasien yang bergejala atau memiliki penyakit bawaan sudah dirawat di rumah sakit," kata dia kepada Republika, Ahad (17/1).

Sementara untuk pasien tanpa gejala diisolasi di tempat-tempat isolasi terpusat yang sudah disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut. Beberapa pasien juga diperbolehkan menjalani isolasi mandiri asalkan rumahnya memadai.

Yeni menyebutkan, berdasarkan data terakhir, total pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Garut berjumlah 5.035 orang. Sebanyak 554 orang masih menjalani isolasi mandiri, 487 orang menjalani isolasi di rumah sakit atau tempat lainnya, 3.840 orang telah dinyatakan sembuh, dan 154 orang meninggal dunia.

Kasus pasien yang meninggal dunia juga mengalami penambahan dari hari sebelumnya. Ia menyebutkan, terdapat dua orang pasien positif Covid-19 yang meninggai, yaitu perempuan usia 59 tahun dari Kecamatan Cikelet dan laki-laki usia 74 tahun dari Kecamatan Garut Kota.

Yeni mengingatkan, ancaman penularan virus Covid-19 di keluarga semakin meningkat setia harinya. Karena itu, ia meminta masyarakat terus menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan di dalam keluarga itu sendiri.  

"Kita sama-sama kurangi risiko penularan melalui tetap memakai masker di rumah, terapkan etika batuk dan bersin, cuci tangan, makan bergizi seimbang, istirahat yang cukup serta kelola stres," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement