Senin 18 Jan 2021 15:00 WIB

Pesawat Pengebom AS Terbang di Atas Udara Israel

Pesawat pengebom AS sudah terbang lima kali dalam beberapa bulan di langit Israel.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
pesawat pengebom AS, ilustrasi
Foto: US Air Force, Staff Sgt Bennie J Davis III
pesawat pengebom AS, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV --  Pesawat pengebom militer B-52 Stratofortress Amerika Serikat (AS) terlihat terbang di atas wilayah udara Israel menuju ke Teluk Persia pada Ahad (17/1). AS mengerahkan dua armada terbangnya itu merupakan upaya kelima kali dalam beberapa bulan.

"Ini kelima kalinya dalam beberapa bulan terakhir pesawat Amerika dengan model khusus ini terlihat lewat di daerah itu," kata surat kabar Israel Yedioth Ahronoth.

Baca Juga

Pada 7 Januari surat kabar tersebut melaporkan bahwa dua pengebom B-52 yang mampu membawa bom nuklir ditemani oleh pesawat tempur F-16 AS terbang di atas Israel untuk keempat kalinya dalam dua bulan. Sehari kemudian, Kementerian Pertahanan Saudi merilis rekaman video yang menunjukkan Angkatan Udara Kerajaan Saudi dan Angkatan Udara AS melakukan latihan bersama yang melibatkan jet tempur F-15 Saudi, pengebom AS B-52, dan pesawat tempur F-16.

Bulan lalu, dua pengebom B-52 terbang di atas wilayah udara Israel sebagai bagian dari unjuk kekuatan AS terhadap Iran, untuk ketiga kalinya dalam satu setengah bulan. Ketegangan telah meningkat antara AS dan Iran setelah pembunuhan ilmuwan nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh, di Teheran pada November. Presiden Iran, Hassan Rouhani, menuduh Israel membunuh ilmuwan itu dan berjanji akan melakukan pembalasan yang kuat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement