Selasa 19 Jan 2021 01:15 WIB

Korsel Desak Joe Biden Bangun Hubungan dengan Korut

Joe Biden diminta belajar dari kegagalan diplomatik Donald Trump dengan Korut

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Presiden AS terpilih, Joe Biden
Foto: AP/Matt Slocum
Presiden AS terpilih, Joe Biden

IHRAM.CO.ID, SEOUL -- Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, pada Senin (18/1), mendesak pemerintahan Joe Biden untuk membangun pencapaian baru dalam membangun hubungan dengan Korea Utara. Dia meminta pemerintahan baru Amerika Serikat (AS) belajar dari kegagalan hubungan diplomatik Presiden Donald Trump dengan Kim Jong-un.

"Dimulainya pemerintahan Biden memberikan kesempatan baru untuk memulai kembali pembicaraan antara Korea Utara dan Amerika Serikat dan juga antara Korea Selatan dan Utara, yang telah terhenti di tengah kebuntuan dalam negosiasi nuklir," kata Moon.

Baca Juga

Moon mengakui bahwa Biden kemungkinan akan mencoba pendekatan yang berbeda dari Trump. Dia menekankan bahwa Biden masih bisa belajar dari keberhasilan dan kegagalan Trump dalam menangani Korea Utara.

Moon berharap untuk bertemu Biden sesegera mungkin dan pejabat Korea Selatan secara aktif berkomunikasi dengan rekan-rekan AS. Langkah ini untuk memastikan bahwa masalah Korea Utara tetap menjadi prioritas bagi pemerintah AS yang baru.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement