Senin 18 Jan 2021 21:27 WIB

Erick Thohir Optimistis Vaksinasi Perkuat Motivasi Nakes

Erick Thohir meminta para nakes tetap menjaga protokol kesehatan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau kegiatan vaksinasi para tenaga kesehatan, asisten dan penunjang tenaga kesehatan (nakes) di RS Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (18/1).
Foto: Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau kegiatan vaksinasi para tenaga kesehatan, asisten dan penunjang tenaga kesehatan (nakes) di RS Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (18/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir optimistis vaksinasi periode pertama yang ditujukan kepada tenaga kesehatan (nakes) akan melindungi dan memperkuat kesehatan, serta dedikasi mereka dalam menanggulangi pandemi Covid-19. 

Dengan telah divaksinasi, ucap Erick, garda terdepan kesehatan nasional tersebut akan lebih terlindungi sehingga pelayanan yang diberikan dalam menangani Covid-19 akan semakin optimal.

Baca Juga

Hal tersebut disampaikan Erick saat meninjau kegiatan vaksinasi para nakes, asisten dan penunjang nakes di bawah naungan rumah sakit BUMN yang berlangsung di RS Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (18/1). 

Dalam peninjauan tersebut, Erick yang menyempatkan diri berdialog dengan para nakes yang divaksinasi didampingi Dirut Pertamina Bina Medika IHC Fathema Djan Rachmat. 

Erick menyampaikan, saat ini para tenaga kesehatan, pelayan publik, dan masyarakat bisa divaksinasi tanpa keraguan. Kata Erick, vaksin Sinovac aman, berkhasiat, dan halal. 

"Insya Allah vaksinasi disertai disiplin protokol kesehatan akan melindungi diri, orang sekitar, dan negeri," ujar Erick.

Sebanyak 20 nakes yang terdiri atas para dokter, perawat, ahli radiologi, ahli gizi, refraksionis (ahli periksa mata), apoteker, petugas kebersihan, hingga sopir ambulans dari empat perwakilan RS BUMN mengikuti inisiasi vaksinasi perdana tersebut. 

Dengan telah divaksin, sambung Erick, para nakes yang sehari-hari berjuang merawat pasien, bahkan ada yang sampai 10 bulan di RS Modular akan terjaga dan keluarga yang mereka cintai juga akan terjaga. Hal ini membuktikan pemerintah hadir untuk melindungi rakyatnya, terutama para nakes. 

"Tolong tetap jaga protokol kesehatan dan kembali lakukan vaksinasi kedua dua minggu lagi," ucap Erick.

PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) IHC selaku holding rumah sakit BUMN memiliki 35 RS yang tersebar di seluruh Tanah Air dengan jumlah keseluruhan nakes mencapai sekitar 18 ribu orang. Pertamina Bina Medika IHC memastikan dalam waktu tiga bulan seluruh nakes yang bertugas di seluruh RS BUMN sudah divaksin.

Erick menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras selama ini. Holding RS BUMN, menurut Erick, sudah menunjukkan kinerja terbaik selama masa pandemi dengan saling bekerja sama, serta membangun ekosistem kesehatan yang baik dengan RS swasta, dan daerah. 

"Insya Allah dengan vaksinasi para nakes di seluruh RS BUMN akan makin meningkatkan dan memperkuat eksistensi RS BUMN, terutama dalam bersama-sama membawa Indonesia melalui pandemi Covid-19 dan membangun ketahanan kesehatan nasional," kata Erick menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement