4 Ramadhan 1442

Foto Drone Danau Merah Muda UEA Viral

Rabu , 20 Jan 2021, 16:30 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Foto Drone Danau Merah Muda UEA Viral
Foto Drone Danau Merah Muda UEA Viral

IHRAM.CO.ID, DUBAI -- Foto-foto danau berwarna pink menjadi viral di media sosial, setelah seorang remaja Emirat menemukannya di Ras Al Khaimah, UEA.

Fotografer asal Emirat berusia 19 tahun, Ammar Al Farsi, mengambil foto danau indah yang terletak di Pulau Al Saraya di utara Ras Al Khaimah. Menurut harian Al Khaleej, ukuran danau tersebut memiliki panjang 40 meter dan lebar 10 meter.

Dilansir Khaleej Times, Rabu (20/1), pulau ini hanya berjarak 100 meter dari lepas pantai. Direktur Jenderal Otoritas Perlindungan dan Pengembangan Lingkungan (EPDA), Dr Saif Al Ghais, mengatakan warna merah muda danau itu dapat dikaitkan dengan keberadaan ganggang merah yang biasanya ditemukan dalam kandungan air.

Perkembangbiakan ganggang merah biasanya terbentuk dalam kelompok yang mencakup lebih dari 4.000 spesies. Dia menambahkan, pihak berwenang belum bisa secara meyakinkan menjelaskan warna danau sampai beberapa sampel dipelajari.

Baca Juga

“Kami perlu mengambil sampel dari air danau, lalu menganalisis dan mempelajarinya secara ilmiah untuk menjelaskan perubahan warnanya," kata dia.

Akhir Oktober 2019, nelayan di Ras Al Khaimah juga melaporkan beberapa 'perairan merah', yang berlokasi hampir delapan hingga 12 mil di lepas pantai Emirat. Fenomena air pasang berwarna merah disebut muncul dua kali setahun dan tidak berdampak negatif pada lingkungan laut.

"Gelombang merah, yang dikenal sebagai hasil mekarnya ganggang, pertama kali muncul di perairan regional UEA pada tahun 2008. Kementerian Perubahan Iklim dan Lingkungan memperingatkan agar tidak berenang, memancing, atau mengumpulkan ikan mati di daerah yang terkena dampak," lanjutnya.

Foto viral ini bermula ketika Ammar Al Farsi mengetahui dari seorang teman jika ada danau merah muda di Ras Al Khaimah. Menuruti rasa keingintahuannya, ia merasa harus memeriksanya.

"Saya tidak berpikir dua kali. Berbekal kamera dan drone saya, saya pergi ke danau sendirian, menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam dari tempat saya,” kata Al Farsi, seorang mahasiswa kedokteran yang tinggal di Sharjah.

Ia menyebut lokasi tersebut sangat memukau. Tak berpikir panjang, ia langsung mengeluarkan kamera serta drone-nya dan mengambil beberapa bidikan gambar.

Danau tersebut dinilai muncul secara alami dan memiliki kedalaman semacam rongga. Lapisan garam terlihat jelas di bawah air merah muda itu.

Ketika dia memposting foto 'danau merah muda' di Twitter (@ammar_alfarsii) dan Instagram (@ammar_alfarsi), dia tidak pernah mengira hal itu akan menjadi viral. Hal berikutnya yang dia tahu, laporan notifikasi-nya dipenuhi dengan share, like dan komentar dari orang-orang yang tidak dia kenal.

"Beberapa orang tidak percaya dan mengira saya mengarang gambar menggunakan Photoshop, tapi itu benar-benar ada. Saya ingin mengambil sampel air di sana, tetapi tidak saya lakukan karena tidak tahu itu terbuat dari apa. Itu mungkin beracun," kata dia.  

 

widget->kurs();?>