Rabu 20 Jan 2021 15:18 WIB

Sosok Jak Ma Muncul Kembali Setelah Menghilang Tiga Bulan

Jack Ma dari Alibaba membuat penampilan publik pertama dalam tiga bulan

Jack Ma, pendiri dan ketua eksekutif perusahaan e-commerce China, Alibaba Group.
Foto: EPA-EFE/SERGEY DOLZHENKO
Jack Ma, pendiri dan ketua eksekutif perusahaan e-commerce China, Alibaba Group.

IHRAM.CO.ID, SHANGHAI - Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, muncul pertama kali sejak Oktober pada hari Rabu ini ketika dia berbicara dengan sekelompok guru melalui video. Penamapakan ini mengurangi informasi tentang ketidakhadirannya yang tidak biasa dari kehidupan publik dan mengajukan saham di raksasa e-commerce itu melonjak.

Spekulasi tentang keberadaan Ma telah berputar-putar setelah berita bulan ini bahwa ia digantikan di episode terakhir dari acara TV realitas yang menjadi hakimnya. Kala itu dia tengari berada di tengah tindakan keras peraturan oleh Beijing tentang kerajaan bisnisnya yang luas.

Seperti dilansir Reuters, Miliarder, yang memimpin penghormatan seperti sekte di China, tidak muncul di depan umum sejak 24 Oktober, ketika dia mengecam sistem regulasi China dalam pidatonya di forum Shanghai. Itu membuatnya berada di jalur yang bertentangan dengan para pejabat dan menyebabkan penangguhan IPO blockbuster senilai $ 37 miliar untuk afiliasi keuangan Alibaba, Grup Ant.

Alibaba dan yayasan amalnya sama-sama mengonfirmasi bahwa dia berpartisipasi dalam upacara online untuk acara tahunan bagi para guru pedesaan pada hari Rabu.

Dalam video berdurasi 50 detik itu, Ma yang mengenakan pullover navy berbicara dari sebuah ruangan dengan dinding abu-abu, lukisan besar dan karangan bunga. Tidak jelas di mana ruangan itu.

Saham Alibaba yang terdaftar di Hong Kong melonjak lebih dari 10% karena berita tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh Tianmu News, outlet media yang didukung oleh pemerintah Zhejiang, provinsi tempat markas Alibaba berada.

“Kemunculan kembali Jack Ma telah memberikan ketenangan pikiran investor setelah banyak rumor, memungkinkan mereka untuk menumpuk ke saham yang tadinya lesu di pasar,” kata Steven Leung, direktur penjualan di pialang UOB Kay Hian di Hong Kong.

Topik "Jack Ma tampil pertama kali di depan umum" dan video ceramahnya kepada para guru segera menjadi trending di Weibo seperti Twitter di China, memicu diskusi yang sengit. Meskipun Ma telah mengundurkan diri dari posisi perusahaan dan panggilan pendapatan, dia tetap memiliki pengaruh signifikan atas Alibaba dan Ant dan mempromosikannya secara global di acara bisnis dan politik.

Dia juga terus membimbing bakat manajemen di "Alibaba Partnership", grup manajer perusahaan yang beranggotakan 35 orang.

China telah meningkatkan tindakan keras regulasi terhadap perilaku antikompetitif di sektor internet dan Alibaba menjadi target investigasi antitrust yang diluncurkan bulan lalu oleh otoritas China. Perusahaan berencana untuk mengumpulkan setidaknya 5 miliar dolar AS melalui penjualan obligasi dalam mata uang dolar AS bulan ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement