15 Rajab 1442

Al Azhar: Tuduhan Uskup Agung Ieronymos II Omong Kosong

Kamis , 21 Jan 2021, 09:16 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Universitas Al Azar, Kairo.
Foto : egyptindependent
Universitas Al Azar, Kairo.

IHRAM.CO.ID, Sebuah badan Al-Azhar pada Selasa lalu (19/1) mengecam komentar negatif yang dibuat oleh Uskup Agung Athena dan Yunani Ieronymos II tentang Islam.

Dalam sebuah pernyataan Facebook, Pengamat Al-Azhar menanggapi pernyataan uskup agung tersebut yang mengatakan bahwa Islam adalah "bukan agama melainkan partai politik, dan pengikutnya adalah orang-orang yang berperang, berkembang, dan berpengaruh."

Tahu akan hal itu, seperti dilansir egypt independent, Al Azhar kemudian bersikap keras. Lembaga ini mengkritik pernyataan Ieronymos II sebagai "tidak bertanggung jawab".

Bahkan para pengamat Al Azhar pun ikut menambahkan bahwa omongan Uskup itu tidak ada artinya dan tidak layak untuk didiskusikan dengan benar.

Mereka juga menyatakan rasa penyesalan bahwa Uskup Agung  Ieronymos II telah bertindak dengan dasar rasa permusuhan terhadap Islam dan sejarah Muslim yang tinggi. Dia yang seharusnya menyerukan dialog dan hidup berdampingan, alih-alih malah bersikap memicu kebencian terhadap satu sama lain.

Ieronymos II, the Archbishop of Athens and All Greece and... : News Photo

Keterangan foto:  Ieronymos II, Uskup Agung Athena dan Seluruh Yunani dan Gereja Ortodoks Yunani, berdiri di depan prasasti di gereja Agios Dionysios Areopagitis. Ribuan orang berbaris di jalan untuk prosesi Epitaphios Jumat Agung yang pada tahun 2016 berjalan melalui Athena dari gereja Agios Dionysios Areopagitis ke Syntagma Square. Prosesi tersebut dipimpin oleh Ieronymos II, Uskup Agung Athena dan Seluruh Yunani serta primata dari Gereja Ortodoks Yunani. (Foto oleh Michael Debets / Pacific Press / LightRocket via Getty Images)