Kamis 21 Jan 2021 17:28 WIB

Mike Pompeo Sebut China Lakukan Genosida pada Muslim Uighur

Pernyataan tersebut dibuat pada detik-detik terakhir kepemimpinan Donald Trump

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.
Foto: The Guardian.
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat era Donald Trump, Mike Pompeo menyebut China melakukan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan terhadap muslim Uighur dan etnis minoritas di Xinjiang. Mereka di penjara di kamp-kamp yang sengaja dibangun pemerintah China.

Pernyataan tersebut dibuat pada detik-detik terakhir kepemimpinan Presiden Donald Trump, bahwa China sedang melakukan genosida "berkelanjutan" terhadap minoritas Muslim Uighur.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa (19/1), Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan bahwa sejak 2017, China telah secara dramatis meningkatkan kampanye penindasan selama beberapa dekade terhadap Muslim Uighur dan anggota kelompok minoritas lainnya. Pompeo juga mendesak Beijing untuk segera menghentikan penganiayaannya terhadap kelompok Uighur, dan mengancam tindakan hukum lebih lanjut.

"Kebijakan, praktik, dan pelanggaran grosir yang menjijikkan secara moral, dirancang secara sistematis untuk mendiskriminasi dan mengawasi etnis Uyghur sebagai kelompok demografis dan etnis yang unik, membatasi kebebasan mereka untuk bepergian, beremigrasi, dan bersekolah, dan menyangkal hak asasi manusia dasar berkumpul, pidato, dan ibadah," kata Pompeo dilansir dari About Islam, Rabu (20/1).

Kelompok hak asasi telah lama menuduh China melakukan sterilisasi paksa dan aborsi kepada perempuan Uighur. Pada Agustus, tim Biden yang masuk menyebut penganiayaan terhadap Uighur sebagai genosida, tetapi pemerintahan Trump tidak membuat pernyataan resmi, yang dilaporkan karena kekhawatiran akan dampaknya pada pembicaraan perdagangan.

Lebih dari satu juta orang Uighur dan sebagian besar orang Muslim lainnya di wilayah barat laut China Xinjiang telah dipenjara di kamp-kamp, dalam upaya untuk menghentikan tradisi Islam dan secara paksa mengintegrasikan minoritas. Warga Uighur yang menunjukkan kepatuhan dalam menjalankan ajaran Islam seperti sholat, puasa, tidak minum alkohol, menumbuhkan janggut atau mengenakan pakaian Islami, telah ditangkap di kamp-kamp tersebut.

Pemerintah China membantah tuduhan genosida dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya di Xinjiang. Juru bicara pemerintah untuk distrik itu mengadakan, konferensi pers pekan lalu untuk membantah tuduhan tersebut.

"Pemalsuan genosida yang sama sekali tidak terikat tentang Xinjiang adalah konspirasi abad ini," kata juru bicara Xu Guixiang pada konferensi pers.

"Orang-orang dari semua kelompok etnis secara mandiri memilih tindakan pengendalian kelahiran yang aman, efektif dan tepat. Tidak ada sterilisasi wajib di wilayah tersebut," kata China.

Pompeo, membandingkan perlakuan terhadap orang Uighur di Xinjiang dengan mereka yang menjadi sasaran Nazi sebelum dan selama Perang Dunia II. Pompeo kemudian melanjutkan dengan membuat daftar temuan dari dokumentasi departemen tentang tindakan Tiongkok, termasuk menuduhnya melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida.

"Saya yakin genosida ini sedang berlangsung dan kami menyaksikan upaya sistematis untuk menghancurkan Uighur oleh negara-partai China," katanya.

"Jika Partai Komunis China diizinkan untuk melakukan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan terhadap rakyatnya sendiri, bayangkan apa yang akan berani dilakukannya terhadap dunia bebas, dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata Pompeo lagi.

Deklarasi tersebut diharapkan menjadi salah satu langkah terakhir pemerintahan Trump. Dilanjutkan oleh Pemerintahan Biden yang telah bersumpah menentang pelanggaran China terhadap Muslim Uighur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement