Kamis 21 Jan 2021 20:45 WIB

Saudi Serukan Kerja Sama Internasional untuk Wisata Aman

Saudi menilai perlu kerja sama internasional untuk bangkitkan pariwista yang aman

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Pegunungan Al-Musma di Hail yang dikenal dengan ukiran khas peninggalan kunonya. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Arab Saudi.
Foto: Saudi Press Agency
Pegunungan Al-Musma di Hail yang dikenal dengan ukiran khas peninggalan kunonya. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi mengumumkan perlunya kerja sama internasional untuk kembali membangkitkan pariwisata yang aman, menyusul kampanye vaksinasi global. Seruan tersebut dilakukan Saudi dalam pertemuan Dewan Eksekutif ke -113 Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO).

Pertemuan tersebut juga membahas sejumlah isu terkait upaya organisasi untuk melayani sektor pariwisata internasional bekerja sama dengan negara anggota. Ini termasuk upaya membantu pemulihan sektor dengan standarisasi protokol internasional untuk mencabut pembatasan pergerakan wisatawan, dan melanjutkan koordinasi untuk mendukung sektor swasta.

Arab Saudi menyatakan apresiasinya kepada Spanyol karena menjadi tuan rumah pertemuan Dewan Eksekutif ke-113 dan memuji upaya Organisasi Pariwisata Dunia PBB yang diarahkan pada pengembangan dan pemulihan sektor pariwisata di seluruh dunia.

Kerajaan memainkan peran aktif dalam organisasi dan merupakan anggota dari berbagai badan pengatur dan teknis UNWTO seperti Komite Krisis Pariwisata Global, Komite E-Learning, dan Komite Pengembangan Kode Internasional untuk Perlindungan Wisatawan.

 

“Arab Saudi sangat mementingkan kerjasama dan kemitraan dengan organisasi internasional seperti Organisasi Pariwisata Dunia PBB, dan kami senang bahwa UNWTO dapat mengakui Kerajaan prioritas dan ambisi pariwisata dengan memilih Riyadh sebagai pusat regionalnya. Kantor Wilayah Timur Tengah UNWTO akan terbuka dan berfungsi penuh pada paruh pertama tahun ini," kata Haifa Al Jedea, penyelia umum Kerjasama Internasional di Kementerian Pariwisata Saudi, dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (21/1).

Al Jedea melanjutkan dengan mengatakan bahwa, kantor UNWTO akan memainkan peran penting dalam membangun sektor tidak hanya untuk kawasan, tetapi juga untuk negara-negara sekitarnya di Afrika dan Asia. Kolaborasi dengan UNWTO untuk mendirikan kantor ini menggarisbawahi komitmen Kerajaan untuk kerja sama internasional yang bertujuan mendukung sektor pariwisata secara regional dan global.

Pariwisata adalah pilar fundamental dari Visi Arab Saudi 2030, untuk meningkatkan kontribusi sektor pariwisata hingga 10 persen dari PDB, selain menciptakan satu juta lapangan kerja baru pada 2030 nanti. Arab Saudi juga berupaya menjadi tujuan pariwisata global terkemuka dan menampung 100 juta kunjungan setiap tahun pada 2030.

Ini akan dicapai dalam kemitraan dengan komunitas internasional, karena Arab Saudi bekerja dengan negara lain untuk membantu membangun industri pariwisata global yang berkembang dan mengembangkan tujuan pariwisata yang berkelanjutan.

Sebagai tujuan pariwisata modern, negara ini berfokus pada keberlanjutan sejak awal, mewakili satu penawaran utama yang akan membantu menarik wisatawan dari seluruh dunia ke Arab Saudi.

Arab Saudi memperkirakan adanya prospek positif untuk sektor pariwisata pada 2021, dengan meningkatnya harapan untuk pembukaan kembali pariwisata dari luar negeri. Selain revitalisasi pariwisata domestik melalui Otoritas Pariwisata Saudi, yang menghadirkan musim yang sukses selama musim panas, dan baru-baru ini meluncurkan kampanye Musim Dinginnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement