15 Rajab 1442

China Luncurkan Prototipe Baru Kereta Levitasi Magnetik

Jumat , 22 Jan 2021, 09:09 WIB Reporter :Shelbi Asrianti/ Redaktur : Ani Nursalikah
China Luncurkan Prototipe Baru Kereta Levitasi Magnetik. Miniatur kereta cepat diperlihatkan dalam pameran
Foto : Republika/ Tahta Aidilla
China Luncurkan Prototipe Baru Kereta Levitasi Magnetik. Miniatur kereta cepat diperlihatkan dalam pameran

IHRAM.CO.ID, BEIJING -- China meluncurkan prototipe baru kereta levitasi magnetik (maglev). Negara yang dikenal sebagai operator kereta berkecepatan tinggi terbesar di dunia itu memperkenalkan kereta baru yang bisa melaju dengan kecepatan 620 kilometer per jam.

Kereta menggunakan teknologi maglev superkonduktor suhu tinggi (HTS), diresmikan pada 13 Januari 2021 di Chengdu bersama jalur uji 163 meter. Kereta maglev menggunakan magnet di rel, sehingga mampu mencapai kecepatan yang sangat tinggi.

Teknologinya sudah ada sejak 1960-an, namun hanya sedikit maglev yang beroperasi di seluruh dunia. Kebanyakan dibuat untuk tujuan khusus, bukan bagian dari moda transportasi untuk tujuan praktis.

Teknologi HTS memungkinkan kereta bisa melaju tanpa menggunakan listrik dan bergerak dengan mudah sehingga orang bisa mendorongnya dengan tangan. Menurut ilmuwan China, teknologi ini tidak banyak diaplikasikan.

Baca Juga

"Meskipun teorinya terdengar bagus, semua orang melihatnya sebagai mainan laboratorium di masa lalu, tanpa pengujian dalam situasi nyata," kata Wakil Direktur Proyek penelitian Universitas Jiaotong Barat Daya, Deng Zigang.