Masjid Tertua di Dunia Ditemukan di Israel

Jumat , 22 Jan 2021, 14:00 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Danau dan Kota Tiberias.
Danau dan Kota Tiberias.

IHRAM.CO.ID, ISRAEL -- Sebuah tim arkeolog menemukan masjid tertua di dunia di wilayah Tiberias di Israel Utara. Katia Cytryn-Silverman dari Hebrew University, yang mengawasi penggalian, menyebutkan bahwa situs tersebut adalah masjid tertua di dunia yang dapat digali.

 

Terkait

Dilansir di Business Recorder, Jumat (22/1), penemuan Masjid Al-Juma (atau Masjid Jumat) tersebut berada di Selatan Tiberias, di kaki Gunung Berenice. Sebelum Cytryn-Silverman melakukan penggalian di sana 11 tahun yang lalu, para pakar percaya bahwa struktur bangunan di tengah situs itu adalah pasar dari periode Bizantium.

Mereka mengungkap, bahwa situs itu adalah masjid dari abad kedelapan pada periode Islam awal. Temuan dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan, bahwa di bawah struktur tersebut terdapat masjid yang lebih tua, yang berasal dari abad ketujuh.

Cytryn-Silverman mencatat, tidak banyak kesempatan untuk menggali masjid kuno karena dalam banyak kasus, masjid lain kemudian dibangun di atasnya. Sehingga, penggalian apapun dapat membahayakan seluruh struktur.

Sebelum identifikasi masjid di Tiberias tersebut, masjid tertua yang akan digali adalah masjid di Wasit, Irak, yang dibangun pada 703.

Tiberias sendiri adalah kota yang sangat penting dalam sejarah Islam. Sebab setelah penaklukan Arab, kota itu menjadi ibu kota Jund al-Urdunn, distrik militer Yordania. Sementara pada awal periode Islam, kota itu menjadi pusat politik dan ekonomi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini