13 Rajab 1442

Waktu Sholat Dhuha

Sabtu , 23 Jan 2021, 05:45 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Muhammad Hafil
Waktu Sholat Dhuha. Foto: Muslimah shalat. (ilustrasi)
Foto : Yogi Ardhi/Republika
Waktu Sholat Dhuha. Foto: Muslimah shalat. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Ibadah  sunah sholat dhuha ini punya keutamaannya  tersendiri sebagaimana dijelaskan dalam sejumlah hadits. Di antaranya sholat dhuha mempunyai pahala sebagaimana orang yang bersedekah.

Bahkan Allah akan membukakan pintu rezeki sehingga tercukupinya segala kebutuhan orang yang melaksanakan sholat dhuha. Ini sebagaimana keterangan hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi yang menjelaskan. “Allah berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang” (HR. Tirmidzi)

Dalam redaksi hadits yang diriwayatkan At Thabrani juga dijelaskan bahwa Allah membukakan pintu khusus di surga bagi orang-orang yang istiqamah melaksanakan sholat dhuha. Pintu itu diberi nama pintu dhuha. Sementara pada hadits riwayat Tirmidzi dapat ditemukan penjelasan bahwa orang yang shalat dhuha akan diampuni dosa-dosanya. Dalam hadits riwayat At Thabrani juga dijelaskan bahwa orang yang shalat dhuha terhindar dari lalai dan dicatat sebagai ahli ibadah.

Lalu kapan semestinya waktu yang tepat melaksanakan sholat dhuha?

Baca Juga