Senin 25 Jan 2021 05:45 WIB

Dekorasi Menakjubkan Pintu Tua Najd

Dekorasi pintu Najd terinspirasi dari tanaman, bunga liar, dan pepohonan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Dekorasi Menakjubkan Pintu Tua Najd
Foto: Arab News
Dekorasi Menakjubkan Pintu Tua Najd

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Pintu tua Najd terkenal dengan dekorasinya yang kaya. Dekorasi yang dibuat oleh masyarakat Najd ini terinspirasi dari tanaman, bunga liar, dan pepohonan di daerah itu.

Masyarakat mengecatnya dengan warna akasia dan bijinya, serta delima, agar lebih cerah. Dekorasi ini merupakan suguhan budaya bagi para tamu, yang menikmati keindahan pintu, ukiran, dan warnanya.

Baca Juga

Sejarawan Mohammed Al-Suwaih mengatakan, dekorasi Najdi telah diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. "Anda menemukan ayah dan kakek adalah tukang kayu. Para pembangun juga mewariskan profesinya ke generasi berikutnya," kata Al-Suwaih dilansir dari Arab News.

Menurut Al-Suwaih, bentuk dekorasi dari pintu tersebut diilhami oleh tumbuhan dan bunga liar, daun palem yang melimpah, matahari dan sinarnya, dan gunung, yang digambarkan sebagai segitiga dan diukir di pintu. Beberapa pintu didekorasi dengan mewah dan penuh hiasan. Ini termasuk pintu majelis (ruang untuk menerima tamu), pintu masuk utama, dan pintu yang memisahkan majelis dan bagian rumah lainnya.

 

Al-Suwaih mengatakan, rata-rata orang memiliki majelis sederhana yang dibangun berbentuk segitiga karena sulit bagi setiap orang untuk memiliki pintu dan bangunan yang mewah. “Ada lebih dari 30 jenis pintu hias yang berbeda menurut tempatnya. Misalnya, Unaizah memiliki identitasnya sendiri, begitu pula Riyadh, Sudair, Buraidah, dan lainnya," kata Al-Suwaih.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement