Senin 25 Jan 2021 11:33 WIB

Putra Mahkota Arab Saudi Umumkan Strategi Ekonomi 5 Tahun

Saudi melipatgandakan aset yang dikelola menjadi hampir 400 miliar dolar AS.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Putra Mahkota Arab Saudi Umumkan Strategi Ekonomi 5 Tahun. Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman
Foto: AP/Amr Nabil
Putra Mahkota Arab Saudi Umumkan Strategi Ekonomi 5 Tahun. Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman meluncurkan strategi lima tahun untuk dana kekayaan kedaulatan demi pencapaian Visi 2030, Ahad (24/1). Dana Investasi Publik (PIF) akan memompa setidaknya 40 miliar dolar AS setahun untuk ekonomi lokal dan menggandakan asetnya menjadi 1,07 triliun dolar AS.

Dari dana itu, 320 miliar dolar AS untuk Produk Domestik Bruto (PDB) non-minyak dan menciptakan 1,8 juta pekerjaan pada 2025. “Kami telah meluncurkan banyak sektor penting dan proyek investasi di Arab Saudi. Sektor swasta adalah mitra strategis untuk PIF,” kata Mohammed.

Baca Juga

Strategi baru hadir untuk mewakili pilar utama dalam mencapai aspirasi negara dan bertujuan mencapai konsep pembangunan yang komprehensif. Strategi 2021-2025 akan fokus pada peluncuran sektor baru, pemberdayaan sektor swasta, pengembangan portofolio PIF, pencapaian investasi jangka panjang yang efektif, mendukung lokalisasi sektor, dan membangun kemitraan ekonomi strategis.

“Tujuan kami adalah menjadikan negara pelopor peradaban manusia baru. PIF akan berkontribusi mendukung upaya pengembangan dan diversifikasi ekonomi di Saudi, selain memperkuat posisinya sebagai mitra investasi global pilihan,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement