Senin 25 Jan 2021 18:47 WIB

Siapa yang Melaksanakan Sholat Jumat Jamaah Pertama Kali?

Yang melakukan sholat Jumat pertama kali adalah sahabat Rasulullah

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
 Yang melakukan sholat Jumat pertama kali adalah sahabat Rasulullah . ilustrasi sholat jumat
Foto: Dok. Republika
Yang melakukan sholat Jumat pertama kali adalah sahabat Rasulullah . ilustrasi sholat jumat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Siapa yang pertama kali melaksanakan sholat Jumat? Hamza Muhammad Qasim dalam 'Manar al-Qari Syarah Mukhtasar Shahih al-Bukhari', memberikan penjelasan terkait hal itu.

Muhammad Qasim menjelaskan, dalam kitab-kitab sejarah disebutkan bahwa sahabat besar yaitu As'ad bin Zarara adalah orang yang pertama melaksanakan sholat Jumat.

Baca Juga

Nabi Muhammad SAW awalnya mengutus Mushab bin Umair sebagai penguasa Madinah kala itu dan memerintahkannya untuk menggelar sholat Jumat di Madinah.

Lalu Mushab bertemu dengan As'ad, dan menyampaikan apa yang dikatakan Nabi SAW. Kemudian, As'ad mengumpulkan 40 pria, setelah terkumpul, mereka melaksanakan sholat Jumat di Distrik Al-Bayada di Kota Madinah.

Sholat Jumat tersebut menjadi sholat Jumat pertama dalam Islam. Adapun sholat Jumat pertama Nabi Muhammad SAW, dilakukan setelah beliau melakukan hijrah ke Madinah. Sholat itu dilakukan setelah beliau pindah dari Quba ke Madinah.

Nabi SAW mengumpulkan para sahabat yang lain untuk melaksanakan sholat Jumat di Taman Al-Sharbatliya yang kini dibangun masjid dan menjadi situs masjid yang dikenal dengan sebutan Masjid Jumat.

Sumber: https://mawdoo3.com/%D8%A3%D9%88%D9%84_%D9%85%D9%86_%D8%B5%D9%84%D9%89_%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%A9_%D8%A7%D9%84%D8%AC%D9%85%D8%B9%D8%A9#cite_note-oyuMyy7woH-1  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement