Selasa 26 Jan 2021 05:01 WIB

Universitas Tertua India Kubur Kapsul Waktu

Universitas tertua India kubur kapsul waktu berisi dokumen sejarah

Univeritas Aligrah di India.
Foto: Google.com
Univeritas Aligrah di India.

IHRAM.CO.ID,  ALIGARH— Universitas Muslim Aligarh, India akan memperingati Hari Republik, hari raya nasional di India yang diperingati setiap 26 Januari, dengan sesuatu yang spesial. 

Tahun ini mereka akan menandainya dengan mengubur kapsul waktu berisi dokumen sejarah perjalanan 100 tahun lembaga pendidikan tertua di India itu.

"Dokumen yang disiapkan sekelompok ulama ini menandai narasi maraknya lembaga ini sejak menjadi universitas pada 1920," ujar juru bicara AMU, Rahat Abrar yang dikutip di New Indian Express, Senin (25/1).

Kapsul baja seberat 1,5 ton itu akan dikuburkan di kedalaman 30 kaki di depan Victoria Gate, bangunan ikonik yang menandai jantung dari institusi bersejarah ini. Upacara bersejarah itu juga akan dilakukan langsung Wakil Rektor Profesor Tariq Mansoor.

Pada 1877 avatar asli dari institusi tersebut muncul sebagai Muslim Anglo Oriental College. Saat itu pula, pihak universitas telah mengubur kapsul waktu serupa yang berisi sejarah yang mengarah pada berdirinya lembaga ini.

Pada 1920, perguruan tinggi tersebut dinaikkan ke tingkat universitas oleh Undang-Undang Parlemen. Sementara itu, otoritas universitas belum mengklarifikasi apakah ada usulan untuk menggali kapsul waktu tersebut.

Sumber: https://www.newindianexpress.com/nation/2021/jan/24/time-capsule-to-be-buried-on-republic-day-to-mark-100-years-of-aligarh-muslim-university-2254528.html

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement