Rabu 27 Jan 2021 05:37 WIB

Pertamina Bantu Pelestarian Teripang di Kepulauan Kei

Pelestarian dan keberlangsungan makhluk hidup merupakan tanggung jawab bersama.

Pertamina Bantu Pelestarian Teripang di Kepulauan Kei (ilustrasi)
Foto: Telusuri Indonesia.com
Pertamina Bantu Pelestarian Teripang di Kepulauan Kei (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,AMBON -- PT Pertamina Region Maluku Papua melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan bantuan untuk pelestarian teripang di Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Pertamina peduli melalui program sosialnya memberikan bantuan kepada kelompok Salterai di Kepulauan Keiberupa pembangunan tempat pembudidayaan teripang dan habitat di laut berbasis kearifan lokal atau Sasi, kata Unit Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Regional Papua MalukuEdi Mangun, Selasa (27/1).

Sasi katanya, merupakan kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya alam baik di darat dan laut yang berlangsung di Maluku berabad-abad lalu.

"Jika dilakukan sasi di suatu areal, maka masyarakat tidak diperkenankan untuk mengambil organisme yang di sasi pada areal tersebut selama kurun waktu yang telah disepakati bersama, " katanya.

 

Dikatakannya, pelestarian dan keberlangsungan makhluk hidup merupakan tanggung jawab bersama, karena itu pengambilan dari alam, harus diimbangi juga dengan kebijakan untuk mengembangbiakkan agar kelestarian dan keberlangsungan organisme tersebut tidak punah.

Kegiatan utama Pertamina adalah menjaga ketersediaan energi, tetapi juga berkomitmen melakukan kegiatan sosial dalam rangka pelestarian atau konservasi, serta mendorong masyarakat untuk meningkatkan kapasitas melalui program pemberdayaan masyarakat.

"Harapannya ke depan bantuan ini tidak hanya konservasi, tetapi bisa bergeser juga ke arah ecotourism atau penggabungan konsep dari konservasi alam, pemberdayaan ekonomi dan pendidikan lingkungan agar keberlangsungan program dapat dirasakan oleh banyak pihak yang ada," ujar Edi.

Ke depan katanya, perlu adanya perhatian dari semua elemen masyarakat dan pihak terkait agar program ini terwujud dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat di kepulauan kei secara luas.

"Perhatian bersama berupa regenerasi pola pikir bersama untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada, " tandasnya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement