Rabu 27 Jan 2021 08:11 WIB

40 Menit Membersihkan Atap Kabah

Tim khusus hanya membutuhkan 40 menit untuk membersihkan atap Kabah

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Kabah di Masjidil Haram
Foto: Reuters
Kabah di Masjidil Haram

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Atap Kabah telah dibersihkan. Tim teknis khusus yang dikerahkan oleh Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Wakil Ketua Bidang Teknis dan Pelayanan Muhammad Al-Jabri mengatakan pembersihan dilakukan dalam beberapa tahap. Di antaranya menyapu permukaan Ka'bah, menghilangkan debu dan kotoran burung, kemudian menyeka seluruh permukaan dan penahan kiswa (penutup) serta tembok sekitarnya, dan pintu ke atap Ka'bah dari luar, dengan handuk basah.

"Lalu semua disemprot dengan air dan dilap lagi lalu diakhiri dengan proses dehidrasi," jelasnya dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (27/1).

Menurut Al-Jabri, pekerjaan pembersihan dilakukan oleh tim teknis Saudi yang mengkhususkan diri pada perangkat terbaru dan mekanisme modern yang disediakan oleh kepresidenan sehingga dapat menjaga kualitas dan keamanan marmer, menghilangkan kotoran, dan menjaga kebersihan marmer Ka'bah pada khususnya, dan Masjidil Haram pada umumnya.

Al-Jabri mengatakan bahwa layanan dan upaya ini datang dalam pelaksanaan arahan Syekh Abdul Rahman Al-Sudais, kepala presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement