Rabu 27 Jan 2021 16:33 WIB

Xi Jinping Peringatkan Perang Dingin Baru 

Xi mendesak persatuan dalam menghadapi pandemi virus corona.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Xi Jinping Peringatkan Perang Dingin Baru . Presiden China Xi Jinping.
Foto: AP Photo/Andy Wong
Xi Jinping Peringatkan Perang Dingin Baru . Presiden China Xi Jinping.

IHRAM.CO.ID, BEIJING -- Presiden China Xi Jinping memperingatkan para pemimpin global agar tidak memulai yang ia sebut sebagai "Perang Dingin baru". Ia mendesak persatuan dalam menghadapi pandemi virus corona.

"Membangun kelompok kecil atau memulai Perang Dingin baru, mengancam atau mengintimidasi orang lain hanya akan mendorong dunia ke dalam perpecahan," kata Xi dilansir dari Aljazirah pada forum Davos melalui pertemuan virtual, Senin (25/1). 

Baca Juga

Kata-kata tersebut tampaknya ditujukan pada rencana Presiden AS Joe Biden untuk merevitalisasi aliansi global untuk melawan pengaruh China yang semakin besar.  Biden, sibuk menangani beberapa krisis domestik yang mendesak, tidak berpartisipasi di Davos dan menugaskan utusan pejabat iklim Amerika, John Kerry untuk mewakili Washington.

Dalam langkah yang menargetkan China yang diluncurkan oleh pemerintahan AS sebelumnya di bawah Donald Trump, Xi mengatakan konfrontasi akan selalu berakhir dengan merugikan kepentingan setiap negara dan mengorbankan kesejahteraan rakyat. 

Xi, yang tampil untuk pertama kalinya di forum tersebut sejak 2017, menganjurkan multilateralisme sebagai jalan keluar dari tantangan saat ini dalam pidato sekitar 25 menit tersebut. “Kita harus membangun ekonomi dunia yang terbuka, membuang standar, aturan, sistem yang diskriminatif, eksklusif, menghilangkan hambatan perdagangan, investasi dan pertukaran teknologi,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement