Rabu 27 Jan 2021 18:58 WIB

275 UMKM di Aceh Barat Terima Bansos Modal Usaha Rp 550 Juta

Bantuan diseleksi secara ketat agar bantuan ini merata.

275 UMKM di Aceh Barat Terima Bansos Modal Usaha Rp 550 Juta (ilustrasi).
Foto: IRWANSYAH PUTRA/ANTARA
275 UMKM di Aceh Barat Terima Bansos Modal Usaha Rp 550 Juta (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,MEULABOH -- Sebanyak 275 orang pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Aceh Barat, mendapatkan bantuan sosial modal usaha ekonomi produktif (UEP) dengan total anggaran sebesar Rp550 juta.

"Pemberian bantuan modal usaha ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, dalam meningkatkan usaha yang selama ini dijalani," kata Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS, Rabu di Meulaboh.

Menurutnya, terlambatnya penyaluran bantuan keuangan tersebut disebabkan karena adanya proses verifikasi ulang dari Dinas Sosial Aceh Barat, agar memastikan bantuan keuangan tersebut tepat sasaran dan tidak tumpang tindih.

"Mengapa bantuan ini disalurkan terlambat, karena saya tidak ingin penerima bantuan modal usaha dan alat usaha ini orang yang sama, itu-itu saja. Makanya kita seleksi secara ketat agar bantuan ini merata," kata Ramli MS menambahkan.

Ia mengharapkan bantuan tersebut dapat memakmurkan masyarakat miskin di Aceh Barat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di saat pandemi seperti ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat Zakaria mengatakan bantuan sosial usaha ekonomi produktif (UEP) tahun 2020 tersebut sebesar Rp550 juta.

"Masing-masing bantuan ini sebesar Rp2 juta orang per pelaku usaha," kata Zakaria.

Menurutnya, bantuan tersebut disalurkan secara cash transfer atau melalui rekening masing-masing penerima.

Ia juga menjelaskan 215 penerima bantuan modal usaha tersebut merupakan binaan PKK Aceh Barat, dan sisanya sebanyak 60 orang merupakan pelaku UMKM umum dan mandiri, kata Zakaria.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement