Kamis 28 Jan 2021 13:14 WIB

Top 5 News: India Negara Muslim Terbesar, Ambroncius Ditahan

India diprediksi jadi negara dengan jumlah umat Muslim terbesar menggeser Indonesia

Umat Muslim India shalat subuh di Masjid Jami New Delhi.
Foto: AP
Umat Muslim India shalat subuh di Masjid Jami New Delhi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia terancam kehilangan julukan "negara dengan penduduk Islam terbanyak di dunia". Pada 2060 mendatang, Indonesia diprediksi akan digeser India yang diyakini akan memiliki populasi Muslim terbesar di dunia.

Selain India, ada dua negara lainnya yang juga berpotensi menggeser posisi Indonesia. Kabar itu pun masuk dalam top 5 news Republika.co.id, Rabu (27/1).

1. Tiga Negara akan Geser Indonesia Jadi Negara Muslim Terbesar

JAKARTA -- Pew Research Center telah memperbaharui data 10 negara dengan populasi Muslim terbanyak di dunia. Jika pada 2010 Indonesia memiliki Muslim terbanyak, data terbaru pada 2015 pun menunjukkan hal serupa. Namun, berbeda saat Pew memprediksi negara dengan Muslim terbanyak pada 2060.

Tiga Negara akan Geser Indonesia Jadi Negara Muslim Terbesar. Foto: umat muslim melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di Masjid Agung Islamic Center, Lhokseumawe, Aceh. Minggu (24/5/2020)

Secara berurutan, saat ini negara dengan populasi Muslim terbanyak adalah Indonesia,  India, Pakistan, Bangladesh, Nigeria, Mesir, Iran, Turki, Algeria, dan Irak. Sementara, untuk prediksi pada 2068, secara berurutan negara dengan populasi Muslim terbanyak adalah India, Pakistan, Nigeria, Indonesia, Bangladesh, Mesir, Irak, Turki, Iran, dan Afghanistan.

Jumlah populasi Muslim di Indonesia saat ini sebanyak 219.960.000 Muslim atau 12,6 persen dari populasi Muslim di seluruh dunia. Sementara, pada 2060 Indonesia akan memiliki 253.450.000 Muslim, tetapi secara presentase hanya 8,5 persen dari populasi Muslim dunia.

Baca berita selengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement