Kamis 28 Jan 2021 20:44 WIB

Bakamla Tes Covid-19 Seluruh ABK Iran dan Panama

Terdapat 36 orang anak buah kapal yang semuanya warga negara Iran.

Bakamla Tes Covid-19 Seluruh ABK Iran dan Panama (ilustrasi)
Foto: Antara/Teguh Prihatna
Bakamla Tes Covid-19 Seluruh ABK Iran dan Panama (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,BATAM -- Badan Keamanan Laut (Bakamla) melakukan tes cepat antigen terhadap seluruh anak buah kapal MT Horse berbendera Iran dan MT Freya berbendera Panama yang diamankan, karena diduga melakukan sejumlah pelanggaran di perairan Indonesia.

"ABK sehat dan aman. Sudah dirapid antigen dari Bakamla. Semuanya sehat, nakhoda sehat, mualim sehat, dan personel sehat," kata Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto usai rapat bersama sejumlah pihak terkait, di Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (28/1).

Ia menjelaskan, di dalam kapal berbendera Iran terdapat 36 orang anak buah kapal yang semuanya warga negara Iran, dan di kapal Panama terdapat 25 orang ABK warga negara China.

Seluruh ABK berada di dalam kapal yang saat ini berada di perairan Batuampar, Kota Batam.

 

Berdasarkan penyidikan awal, sesuai dengan hasil tangkap tangan KN Pulau Marore 322, dua kapal besar itu diketahui melaksanakan lego jangkar di luar ALKI, berada di perairan Indonesia.

Kedua kapal itu melakukan proses pengisian bahan bakar dan mematikan sistem informasi otomatis (Automatic Information System/AIS).

Pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menangani kasus itu, termasuk dengan Kementerian Luar Negeri, karena berhubungan dengan kapal asing.

Ia menegaskan, penangkapan itu bukan dari laporan pihak lain. Bakamla, kata dia, memiliki sistem informasi dan deteksi sendiri.

Pada kasus dua kapal tanker asing itu, penangkapan dilaksanakan karena KN Marore 322 mendeteksi adanya kapal besar berdiam di wilayah perairan Indonesia, saat melakukan operasi.

"Dalam hal ini, yang kemarin, kami sedang melaksanakan operasi di wilayah perairan Indonesia. Dan ingat, Bakamla tetap melaksanakan operasi dan tugas keselamatan keamanan laut Indonesia. Ini salah satunya," kata dia pula.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement