Kamis 28 Jan 2021 23:24 WIB

MUI Gelar Doa Bersama Agar Indonesia Dijauhkan dari Musibah

Kejadian itu mungkin juga adzab karena umat telah berbuat maksiat kepada Allah SWT.

 MUI Gelar Muhasabah dan Istighosah Untuk Negeri
Foto: Dok MUI
MUI Gelar Muhasabah dan Istighosah Untuk Negeri

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia menggelar istighosah bersama sebagai upaya berdoa kepada Allah SWT sehingga Indonesia dihindarkan dari segala musibah.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis mengatakan musibah yang dialami oleh umat manusia, khususnya bangsa Indonesia yang terus tanpa henti tidak bisa hanya dipahami sebagai ujian saja.

“Kejadian itu mungkin juga adzab karena umat telah berbuat maksiat kepada Allah SWT. Kejadian itu juga bisa merupakan bagian dari hukum alam, karena mengikuti hukum kausalitas,” kata dia di Jakarta, Kamis (28/1).

Kegiatan yang dihadiri sejumlah ulama dan pejabat negara itu disiarkan langsung dan diikuti oleh umat Islam melalui zoom meeting dan Youtube di akun Official TV MUI.

 

Istighosah diisi dengan doa dari sejumlah ulama. Cholil Nafis mengatakan baik musibah, adzab atau fenomena alam berada dalam kekuasaan Allah.

Oleh karena itu, dia mengajak kepada umat Islam mengetuk pintu langit.

“Kalau kejadian itu berkenaan dengan hukum alam, ya Allah berikanlah kekuatan kepada alam ini agar bencana diangkat oleh Allah," kata dia.

"Kalau ini berkaitan dengan dosa kami, ya Allah kita bertaubat kepadamu mengajak kepada seluruh anak bangsa dan seluruh dunia untuk kita bertaubat agar Allah memberikan keselamatan kepada kita semua,” kata dia.

“Kalau itu berupa ujian, kita memohon kepada Allah agar kita diberikan kekuatan, bertambah keimanan dan ketakwaan kita," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement