Sabtu 30 Jan 2021 13:02 WIB

Bekas Masjid Kuno Ditemukan di Kota Tiberias Israel

Bekas Masjid Kuno Ditemukan di Kota Tiberias.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Bekas Masjid Kuno Ditemukan di Kota Tiberias Israelar
Foto: Archaeology
Bekas Masjid Kuno Ditemukan di Kota Tiberias Israelar

IHRAM.CO.ID,TIBERIAS -- Associated Press melaporkan bahwa pondasi bangunan yang digali di Israel utara mungkin merupakan masjid. Seperti masjid awal yang dibangun tidak lama setelah kota Tiberias berada di bawah pemerintahan Muslim.

Laporan itu menyampaikan bahwa pondasi bangunan itu bukan pasar Bizantium yang kemudian diubah menjadi masjid, seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Baca Juga

Para peneliti yang dipimpin oleh arkeolog Katia Cytryn Silverman dari Universitas Ibrani Yerusalem menemukan koin dan tembikar di dasar pondasi bangunan. Pada temuan itu terdapat tanggal antara tahun 660 dan 680 Masehi.

Ia menjelaskan bahwa denah bangunan, dimensi, dan relung sholat juga sangat mirip dengan masjid awal lainnya yang dibangun di Madinah, Damaskus, dan Yerusalem. Dilansir Dari laman Archaeology, Sabtu (30/1).

Ia mengatakan, struktur ini lebih sederhana daripada yang lain yang dibangun kemudian. "Setidaknya sampai masjid monumental didirikan pada abad kedelapan, gereja terus menjadi bangunan utama di Tiberias," kata Cytryn Silverman.

Fuji E Permana

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement