Selasa 02 Feb 2021 12:40 WIB

Mahasiswa Turki Protes Penunjukan Rektor oleh Erdogan

Penunjukan rektor dinilai mahasiswa tidak demokratis

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Foto: Presidensi Turki via AP, Pool
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Polisi Turki menahan 159 orang yang melakukan aksi protes menentang penunjukkan rektor baru oleh Presiden Tayyip Erdogan di Universitas Bogazici, Senin (1/2). Mahasiswa Universitas Bogazici memulai aksi protes mereka hampir sebulan yang lalu ketika penunjukkan Melih Bulu sebagai rektor tidak demokratis. 

Dalam sebuah pernyataan, kantor gubernur Istanbul mengatakan 159 orang ditahan karena tidak mengakhiri demonstrasi di depan Universitas Bogazici meskipun ada peringatan. Kantor gubernur menambahkan, pihaknya telah meluncurkan penyelidikan.

Baca Juga

Sebelumnya, lebih dari 100 polisi berkumpul di pintu masuk utama kampus. Mereka mengizinkan mahasiswa untuk masuk dan memeriksa identitas mereka. Tetapi polisi melarang beberapa mahasiswa masuk ke kampus termasuk beberapa anggota parlemen, terutama dari Partai Demokratik Rakyat (HDP) yang pro-Kurdi. Polisi memasang pagar di trotoar jalan yang menuju kampus. Sejumlah pengunjuk rasa mulai meneriakkan yel-yel dan berjalan menuju barikade polisi. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement