Rabu 03 Feb 2021 08:13 WIB

Jangan Salah, Makanan Ini Ternyata Miliki Karbohidrat Tinggi

Yogurt dengan rasa, memiliki kandungan gula tiga kali lipat.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Yogurt
Foto: pixabay
Yogurt

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menerapkan diet karbohidrat yang sedang populer tak semudah yang dibayangkan. Ada lebih dari sekadar melepaskan roti dan pasta.

Karbohidrat bersembunyi di beberapa tempat yang tidak akan pernah Anda duga, terutama makanan manis. Berikut beberapa makanan yang sebenarnya memiliki karbohidrat yang tinggi tetapi sering dianggap aman karena rendah karbohidrat, seperti dilansir laman Mashed, Rabu (3/2):

1. Yogurt

Dengan sendirinya, yogurt tidak terlalu tinggi karbohidrat. "Yogurt terbuat dari susu dan karenanya mengandung laktosa, gula alami. Yogurt tanpa pemanis tambahan, akan mengandung sekitar 12 gram laktosa per 8 ons porsi," ujar ahli diet terdaftar, Adina Pearson. 

 

Namun, Pearson melanjutkan, yogurt dengan rasa, kecuali jika dimaniskan secara artifisial, dapat memiliki kandungan gula tiga hingga empat kali lipat. Dia pun menyarankan untuk memilih yogurt yang polos atau membuat yogurt sendiri. 

2. Kacang polong

Murah, serbaguna, dan penuh nutrisi, kacang-kacangan adalah makanan favorit banyak orang di seluruh dunia. Tetapi hanya karena mereka sangat baik, tidak membuatnya rendah karbohidrat.

Kacang memiliki reputasi mengemas banyak protein, tetapi tetap mengandung karbohidrat. "Satu cangkir kacang hitam mengandung 41 gram karbohidrat, sama dengan dua potong roti," ujar ahli diet terdaftar, Michelle Blum. 

Meski begitu, karbohidrat yang didapat dari kacang-kacangan itu sehat. Ahli diet terdaftar Rachel Lustgarten mengatakan banyak gram karbohidrat dalam kacang-kacangan berasal dari serat, karbohidrat yang tidak mudah dicerna oleh tubuh, membantu rasa kenyang, dan memperlambat pencernaan makanan. Alhasil kacang polong atau kacang-kacangan mungkin cocok untuk beberapa diet rendah karbohidrat, selama kita mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

3. Buah-buahan

Lezat, bergizi, dan 100 persen alami, buah adalah salah satu makanan lezat di bumi. Terlepas dari kenyataan buah tumbuh di pohon, buah ternyata tidak selalu cocok untuk diet rendah karbohidrat. Sebab, semua buah memiliki kandungan gula alami. 

Karbohidrat pada buah sebenarnya masih lebih rendah dibandingkan sepiring spageti. Namun demikian, berdampak pada asupan karbohidrat. Jadi, lakukan latihan fisik sebelum menenggak sepiring penuh anggur.

4. Selai kacang

Meskipun sehat dan kaya energi, selai kacang memang mengandung karbohidrat. Kacang, seperti kacang-kacangan, adalah kacang-kacangan, mengandung kombinasi protein dan karbohidrat yang unggul. "Lebih dari setengah karbohidrat dalam selai kacang berasal dari serat, menjadikannya pilihan cerdas-dalam jumlah terbatas," kata Lustgarten.

Namun, jika Anda memilih selai kacang untuk dikonsumsi dalam diet, Anda harus mahir. Lustgarten merekomendasikan untuk memilih selai kacang alami tanpa tambahan gula. Itu karena beberapa merek mungkin menambahkan pemanis ke dalam campuran, yang bisa mendongkrak jumlah karbohidrat terlalu tinggi.

5. Dendeng

Dendeng sering dianggap sebagai camilan enak untuk para pelaku diet rendah karbohidrat. Sebab, banyak yang beranggapan daging selalu merupakan camilan bebas karbohidrat yang aman. 

Padahal, tidak ada jaminan bahwa dendeng optimal untuk banyak diet rendah karbohidrat. "Faktanya, daging yang diawetkan ini sering kali memiliki banyak tambahan gula," ujar Lustgarten. 

Dendeng pun tidak mengenyangkan seperti daging segar. Sebab, banyak kandungan air yang mengenyangkan, malah dibuang dalam proses persiapannya.  Oleh karena itu, sebaiknya pilih daging biasa yang tidak dehidrasi. Jika tanpa pilihan, pastikan untuk membaca label dengan cermat.

6. Susu

Susu sapi murni memang sangat bergizi dan penuh dengan kalsium. Tetapi hanya karena itu penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik, tidak berarti aman untuk diet rendah karbohidrat.

"Susu sebenarnya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan mengandung sekitar 12 gram karbohidrat dalam satu cangkir," ujar seorang ahli nutrisi Catherine Metzgar. 

7. Sushi

Sajian ikan bersama dengan nori, nasi, dan bahan lainnya adalah makanan yang amat menggoda, dan tampaknya aman bagi diet Anda. Sushi pun dianggap aman pula selama Anda menghindari gorengan dan saus berbasis mayo.

Ahli diet terdaftar Susan Bowerman mengatakan bukan berarti sushi rendah karbohidrat. Nasi putih yang ada pada setiap sajian sushi adalah karbohidrat yang sangat halus. Justru, nasi tersebut memiliki lebih banyak karbohidrat dibandingkan nasi putih biasa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement