24 Ramadhan 1442

8 Juta Liter Zamzam Didistribusikan ke Jamaah Umroh   

Rabu , 03 Feb 2021, 16:19 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Petugas membagikan air zamzam kepada jamaah umroh di Masjidil Haram. Petugas membawa wadah silindris berisi air Zamzam. Tindakan itu untuk membendung penyebaran virus corona (Covid-19).
Petugas membagikan air zamzam kepada jamaah umroh di Masjidil Haram. Petugas membawa wadah silindris berisi air Zamzam. Tindakan itu untuk membendung penyebaran virus corona (Covid-19).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Jutaan liter air Zamzam didistribusikan kepada para jamaah umroh yang diperbolehkan melaksanakan umroh  di tengah pandemi Covid-19. 

Seperti dilansir Saudi Gazette pada Rabu (3/2) Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci  telah mendistribusikan lebih dari 8 juta liter air Zamzam kepada para jamaah umroh dan pengunjung Masjidil Haram. 

Termasuk juga pendistribusian satu juta liter air Zamzam dengan menggunakan 5 juta botol dan 7 juta liter menggunakan tabung air. 

"Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci membagikan botol air Zamzam kepada kelompok yang diizinkan untuk melaksanakan umroh  dan sholat di Masjidil Haram, sesuai dengan tindakan pencegahan yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19," seperti dilansir Saudi Gazette. 

Baca Juga

Sementara itu dilansir The Siasat Daily otoritas Arab Saudi menegaskan akan mengambil semua langkah untuk dapat memfasilitasi jamaah umroh  yang datang ke Makkah. 

"Otoritas Saudi secara bertahap mengizinkan kedatangan jamaah internal dan segera jamaah asing juga akan diizinkan untuk mengunjungi Makkah," kata otoritas Makkah, Osama Aja'eili. 

Aparat telah membuat lingkaran di sekeliling Ka'bah untuk menjaga jarak antar peziarah. Jarak antara satu lingkaran dengan lingkaran lainnya adalah 10 meter.  

"Sistem lintasan siap untuk menjaga jarak selama tawaf Ka'bah dan Sai untuk mencegah jamaah bertabrakan. Trek khusus disimpan untuk orang tua dan orang cacat. Sebuah traktat sepanjang 155 meter disimpan hanya untuk mereka yang terikat kursi. Waktu untuk Tawaf ditingkatkan dari 10 menjadi 15 menit," katanya.  

Menurut otoritas Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi ada sebanyak 7,5 juta jamaah telah mengunjungi Kabah, melaksanakan shalat dan umroh  sejak pelonggaran pembatasan yang diberlakukan karena pandemi Covid-19. 

Sekitar 1,9 juta jamaah melakukan umroh  selama musim umroh  saat ini. Sekitar 5,5 juta sholat di Masjid Suci Makkah. Diketahui musim umroh  saat ini dibuka kembali sejak 14 Oktober 2020 setelah sebelumnya ditutup karena pandemi.  

 

widget->kurs();?>