Rabu 03 Feb 2021 20:50 WIB

Secuil Kisah Kerukunan Anak Arab dan Yahudi di Yerusalem

Anak-anak Arab dan Yahudi di Yerusalem inginkan perdamaian

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Anak-anak Arab dan Yahudi di Yerusalem inginkan perdamaian. Islam-Yahudi/ilustrasi
Foto: news.yourolivebranch.org
Anak-anak Arab dan Yahudi di Yerusalem inginkan perdamaian. Islam-Yahudi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sehari setelah penyerangan, Fadi berdiri di ruang kelas yang terbakar dan menatap tumpukan abu di kakinya. Para pelaku telah menumpuk buku-buku milik siswa kelas satu, menyiramnya dengan bensin dan membakarnya.  

Dinding masih memamerkan pesan buruk mereka: "Matilah orang Arab" dan "Jangan hidup berdampingan dengan kanker". Ketika Fadi melihat ke halaman-halaman buku Arab dan Ibrani yang hangus, dia berpikir, "Ini bukan milik dunia kita." 

Baca Juga

Andrea Backhaus menuliskan kisah anak-anak Arab dan Yahudi ini dan dipublikasikan laman Qantara De. Fadi, seorang Arab Israel, pindah dari Haifa ke Yerusalem bersama keluarganya setahun yang lalu.

Putranya bersekolah di Sekolah Max Rayne Hand in Hand, salah satu fasilitas pengajaran paling terkenal di Israel, menawarkan kepada siswanya pendidikan Yahudi-Arab.  

Pada sore yang sama, Fadi bertemu dengan orang tua, guru, dan anak-anak lainnya di sekolah yang luas di selatan Yerusalem. Mereka datang untuk menyanyikan lagu-lagu Arab dan Yahudi, menari dan bermain bersama. Pesan mereka sederhana: "Anda dapat menyerang kami, tetapi aAda tidak dapat memisahkan kami." 

Sekolah Hand in Hand didirikan pada 1998, ia satu-satunya sekolah dwibahasa Arab-Ibrani di Yerusalem dan dianggap sebagai contoh cemerlang dari hidup berdampingan yang saling menghormati. Sekolah ini terletak tepat di Garis Hijau antara Distrik Yahudi Pat dan distrik Arab Beit Safafa. 

Sekitar 620 siswa dari taman kanak-kanak hingga kelas 12 diajar dalam bahasa Ibrani dan Arab oleh guru Yahudi dan Palestina. Buku teks ditulis dalam bahasa Arab dan Ibrani.

Selain kurikulum biasa, anak-anak diajari tentang berbagai hari raya yang dirayakan dalam Islam, Yudaisme dan Kristen, serta diperkenalkan pada masalah latar belakang dan tradisi etnis. 

Sekolah Hand in Hand lebih dari sekadar tempat belajar. Ini adalah benteng revolusioner di tengah lingkungan yang eksplosif, yang pengetahuannya tentang perang lebih sedikit, pembalasan dan prasangka sejak berdirinya Israel pada  1948.  

Serangan pembakaran pada akhir November, yang dilakukan aktivis organisasi ekstremis sayap kanan Yahudi Lehava, dengan jelas menunjukkan besarnya tantangan yang dihadapi fasilitas tersebut. Masyarakat Israel terpecah. 

Kebanyakan orang Yahudi dan Arab hidup di dunia yang sepenuhnya terpisah. Mereka tinggal di distrik yang berbeda, mengirim anak-anak mereka ke sekolah yang terpisah dan berbelanja di toko yang berbeda.  

Sementara beberapa elemen dalam masyarakat berusaha untuk menumbangkan upaya kerjasama apapun. Sejumlah proyek perdamaian menyerah begitu saja menghadapi ketegangan yang meningkat.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement