Rabu 03 Feb 2021 21:36 WIB

Assalamualaikum dan Shalom Bersautan di Sudut Yerusalem

Sebagian komunitas Arab dan Yahudi berharap terciptanya perdamaian

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Sebagian komunitas Arab dan Yahudi berharap terciptanya perdamaian. Pemandangan umum Kota Tua Yerusalem.
Foto: jerusalem post
Sebagian komunitas Arab dan Yahudi berharap terciptanya perdamaian. Pemandangan umum Kota Tua Yerusalem.

REPUBLIKA.CO.ID, "Assalamu’alaikum," kata Fadi di Sekolah Hand in Hand, di Yerusalem memanggil dalam bahasa Arab saat Illan, teman dan ayah dari dua anaknya di sekolah, mendekat.  

"Shalom," jawab Illan dalam bahasa Ibrani. IIlan berasal dari keluarga Yahudi konservatif dan tidak pernah bisa bermain dengan anak-anak Arab saat masih kecil.  

Baca Juga

Sebuah gitar sedang disetel di perpustakaan sekolah. Seorang ayah Yahudi menyanyikan lagu tentang cinta dan pengampunan dalam bahasa Arab. IIlan mendengarkan sementara Fadi bergoyang dan tersenyum. "Kami para orang tua secara sadar memilih sekolah ini,” katanya. "Kami ingin mengubah banyak hal," tambahnya. 

Rita Boulos juga ingin mengubah banyak hal. Dia adalah direktur pusat pengunjung Wahat al-Salam Neve Shalom, sebuah komunitas desa tempat orang Yahudi dan Arab hidup bersama dan berbagi tanggung jawab dan tugas administratif. Desa ini didirikan pada 1972.  

Saat ini terdapat 30 keluarga Arab dan 30 keluarga Yahudi dengan kewarganegaraan Israel yang tinggal di desa tersebut, yang terletak pada jarak yang sama dari Tel Aviv, Yerusalem, dan Ramallah. Sekolah lokal, dihadiri anak-anak Yahudi dan Arab dari masyarakat serta dari desa-desa sekitarnya. Di dalam kelas belajar dalam dua bahasa mereka. 

Di fasilitas pendidikan antar daerah desa, guru Yahudi dan Palestina, jurnalis, pengacara dan mahasiswa dari fakultas lain memiliki kesempatan untuk belajar tentang sudut pandang satu sama lain. Salah satu masalah, misalnya, adalah Hari Kemerdekaan Israel.  

Bagi orang Yahudi, ini adalah hari perayaan, sedangkan bagi orang Palestina yang menyebutnya sebagai 'Al Nakba' (malapetaka), itu adalah trauma kolektif. Masalah lain berkaitan dengan kota Yerusalem, yang telah dinyatakan sebagai ibu kota oleh orang Yahudi dan Palestina.  

"Ketika mereka mendengar fakta sejarah tentang kelompok lain, mereka memulai dengan mengatakan, ini tidak mungkin benar. Tapi kemudian mereka secara bertahap terbuka," kata Boulos. 

Terkadang ada perselisihan di antara penduduk desa, seperti ketika orang Israel dipanggil untuk dinas militer yang tidak dapat dihindari. "Seorang Israel melihatnya sebagai tugasnya, tetapi dari sudut pandang orang Palestina, dia melayani militer penjajah." 

Desa yang telah dinominasikan untuk mendapat Hadiah Nobel Perdamaian pada banyak kesempatan, dibiayai penduduk dan bantuan jaringan pertemanan. Tidak ada dukungan negara untuk proyek tersebut. "Pemerintah menolak upaya kami untuk benar-benar mengatasi konflik," kata Boulos.  

Meski demikian, para pemrakarsa tidak berniat menyerah. Dalam waktu dua tahun, 34 keluarga lagi akan tinggal di desa, dan dalam sepuluh tahun, total ada 150 keluarga. Ratusan lamaran telah dikirimkan.  

Direktur pusat pengunjung berkata, "Pendekatan kami adalah satu-satunya cara. Jika kami ingin hidup dalam masyarakat terbuka, maka kami harus hidup dengan satu sama lain." 

Sumber: https://en.qantara.de/content/arabs-and-jews-in-israel-you-cant-tear-us-apart 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement