Jumat 05 Feb 2021 11:44 WIB

Rendang, Menu Santap Siang Jokowi dan PM Malaysia Muhyiddin

Acara makan siang bersama Jokowi dan Muhyiddin dikemas berbeda.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Rendang, ilustrasi
Rendang, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan santap siang bersama Perdana Menteri Malaysia, Yang Amat Berhormat Tan Sri Muhyiddin Yassin pada Jumat (5/2) siang ini selepas ibadah shalat Jumat berjamaah. Menariknya, rendang menjadi menu utama dalam sajian santap siang kenegaraan kali ini. 

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan, rendang disajikan karena permintaan langsung dari rombongan PM Malaysia dan Presiden Jokowi sendiri. Menurutnya, rendang adalah masakan khas Nusantara yang cocok dinikmati kedua negara serumpun. 

Baca Juga

"Menu request beliau-beliau adalah rendang, khas Indonesia yang juga harus dinikmati oleh tamu negara. Mudah-mudahan hal ini bisa mendapat sesuatu yang berkesan. Dan menu-menu lain yang bernuansa hangat," ujar Heru dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jumat (5/2). 

Acara makan siang bersama nanti juga akan dikemas berbeda. Bila biasanya dalam acara-acara kenegaraan para tamu undangan selalu dilayani, maka kali ini berbeda. Heru menyebutkan, seluruh menu makanan sudah disajikan di meja. Sementara piring dan peralatan lainnya disiapkan dalam alat pensteril. 

"Jamuan santap siang, semua yang melakukan santap siang mandiri. Jadi tidak ada yang melayani. Semua sudah tersaji di meja makan. Semua sudah disterilisasi. Garpu, piring, dll semua sudah disiapkan di pensteril. Semua ambil sendiri nanti," kata Heru. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement