Jumat 05 Feb 2021 14:21 WIB

Asrama Haji akan Dikembangkan Menjadi Pusat Wisata Religi

Desain eksterior dan interior gedung di asrama haji memadukan unsur Islam dan lokal.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Fakhruddin
Asrama Haji akan Dikembangkan Menjadi Pusat Wisata Religi (ilustrasi).
Foto: ANTARA /Dedhez Anggara
Asrama Haji akan Dikembangkan Menjadi Pusat Wisata Religi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung rencana pengembangan asrama haji Indramayu sebagai pusat wisata religi. Mantan Walikota Bandung itu juga memberikan bantuan dana untuk pembangunan masjid di asrama haji tersebut.

"Kang Emil (panggilan akrab Gubernur) sangat mendukung pengembangan asrama haji Indramayu sebagai pusat wisata religi," ujar Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman yang dikutip di Kemenag.go, Jumat (5/2).

"Pemprov bahkan sudah memberikan bantuan untuk pembangunan masjid di sana, sekaligus banyak memberikan masukan terkait desain bangunannya," sambungnya.

Gubernur Jabar, kata Oman, meminta agar desain eksterior dan interior gedung di asrama haji memadukan unsur Islam dan kearifan lokal. Desain bangunan masjid akan dibuat layaknya miniatur Masjid Nabawi, dengan tambahan ornamen budaya Jawa Barat. "Kang Emil juga siap untuk membantu pembangunan rumah sakit di lingkungan asrama haji," kata Oman. 

 

"Di asrama haji ini juga akan dibangun Museum Haji Indonesia," lanjutnya.

Dalam pengembangannya sebagai pusat wisata religi, disamping menjadi pusat pelayanan jamaah haji dan umrah, asrama haji Indramayu juga akan dilengkapi dengan fasilitas sosial, edukasi dan ekonomi. 

“Di luar musim haji, asrama bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan masyarakat. Keberadaan museum sejarah haji juga akan menguatkan fungsi edukasi asrama bagi masyarakat," tuturnya.

"Ketika fungsi-fungsi asrama haji ini berjalan, maka itu otomatis akan menggerakkan geliat ekonomi masyarakat di Indramayu dan sekitarnya," terang Oman.

Selain tentang asrama haji, pertemuan ini juga mendiskusikan rencana pembangunan kantor Kanwil Kemenag Jawa Barat. Kang Emil sudah menyiapkan hibah lahannya. "Bahkan, di kantor baru ini nantinya akan dibangun rumah ibadah agama-agama yang mayoritas dipeluk di Indonesia, sebagai simbol kerukunan umat beragama" tandasnya.

 

Sumber: https://kemenag.go.id/berita/read/515298/gubernur-jabar-dukung-asrama-haji-indramayu-jadi-pusat-wisata-religi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement