Jumat 05 Feb 2021 19:33 WIB

Gelar Lomba kebudayaan, Arab Saudi Siapkan Hadiah Rp 1 T

Gelar Lomba kebudayaan, Arab Saudi Siapkan Hadiah Rp 1 T

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
 Gelar Lomba kebudayaan, Arab Saudi Siapkan Hadiah Rp 1 T. Foto:   Bendera Arab Saudi.
Foto: AP/Cliff Owen
Gelar Lomba kebudayaan, Arab Saudi Siapkan Hadiah Rp 1 T. Foto: Bendera Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID,JEDDAH—Kementerian Kebudayaan Saudi mengumumkan pemenang ‘Cultural Ideas Marathon’ yang didedikasikan untuk menciptakan untuk memperkaya pengalaman masyarakat Saudi. Kompetisi tersebut diadakan secara virtual sejak 29 Desember hingga 26 Januari lalu, dan menarik lebih dari 1.000 orang dari seluruh penjuru Saudi.  

Kompetensi ini telah menyediakan tiga hadiah untuk tiga ide terbaik. Pemenang pertama menerima SR150.000 (Rp 563 juta) untuk konsep "Festival Identitas Tanah". Juara kedua menerima SR100,000 (Rp 375 juta) untuk ide “A Pride Event”, dan juara ketiga mendapatkan SR50,000 (Rp 187 juta) untuk ide “The Sense of Saudi Arabia”.

Baca Juga

Kontestan diminta untuk menciptakan konsep budaya bagi penduduk setempat dan turis, untuk acara dan festival yang dapat digelar secara berkelanjutan dan menarik pengunjung. Peserta harus menerapkan ide dalam kategori termasuk museum, warisan, film, teater, seni pertunjukan, musik, perpustakaan, mode, sastra dan penerbitan, arsitektur dan desain, dan seni kuliner. Ide-ide tersebut diperlukan untuk mengembangkan wilayah di Kerajaan yang tidak memiliki banyak acara dan aktivitas budaya, seperti Jouf dan Asir.

Adapun pemenang pertama adalah Hussien Al-Harbi, seorang arsitek dan pengusaha, yang mengikuti kompetisi dengan konsep yang hampir selesai untuk "The Land’s Identity Festival". Konsep ini mengandalkan pada potensi pertanian Kerajaan, pengalaman budaya yang hemat biaya dan kaya.

"Festival Identitas Tanah dimaksudkan untuk mengukir identitas dan budaya kami di dalam pengunjung," kata pria berusia 26 tahun itu yang dikutip di Arab News, Jumat (5/2).

“Ini untuk mendorong orang-orang berinvestasi di pertanian yang terletak di kota-kota kecil, daerah pedesaan, dan pedesaan sambil memungkinkan mereka untuk secara aktif mengadakan festival dan kegiatan budaya mereka sendiri,” ujarnya menambahkan.

Di 46 kota dan 140 provinsi, Al-Harbi menemukan bahwa Kerajaan memiliki lebih dari 280.000 pertanian. Dengan menggunakannya, akan membatasi biaya festival bagi penyelenggara. Selain itu, hal itu akan meningkatkan ekonomi wilayah dan pertumbuhannya.

“Ide di balik festival ini bergantung pada peningkatan budaya, pertanian dan pengalaman interaktif untuk pertanian ini, dan menghubungkan orang-orang dengan Bumi, serta merevitalisasi industri pertanian,” katanya.

Al-Harbi pertama kali mengikuti kompetisi melalui tweet MoC yang mengumumkan pendaftaran. Setelah mempresentasikan idenya, dia diberi tahu bahwa ide tersebut lengkap dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh kementerian, dan hanya perlu beberapa penyesuaian. Partisipasinya dalam kontes ini karena keyakinannya akan keberhasilan idenya, dengan mencentang semua kotak yang ditunjukkan kementerian untuk peserta.

“Saya masuk, tidak mengantisipasi kemenangan, tetapi percaya diri dengan ide saya karena memenuhi persyaratan. Saya hanya mengetahui tentang kemenangan melalui tweet kementerian, dan sejauh ini pengalaman yang sangat berbeda dari Hakathons lain yang pernah saya ikuti,” kata Al-Harbi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement