6 Syawwal 1442

100 Studi Ilmiah Dibahas Forum Riset Haji Umroh ke-20 Saudi

Jumat , 05 Feb 2021, 22:21 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
100 Studi Ilmiah Dibahas Forum Riset Haji Umroh ke-20 Saudi (ilustrasi)
100 Studi Ilmiah Dibahas Forum Riset Haji Umroh ke-20 Saudi (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JEDDAH -- Pejabat Kerajaan Arab Saudi sedang mempelajari cara-cara untuk memperkaya pengalaman jamaah haji dan umrah dalam perjalanan keagamaan mereka. Hal ini dibahas dalam "Forum Ilmiah Penelitian Kunjungan Haji dan Umrah" ke-20, yang diresmikan Gubernur Makkah, Pangeran Khalid al-Faisal, Selasa (2/2).

Forum ini bertujuan untuk mempresentasikan hasil penelitian dan kajian ilmiah tentang peningkatan pengalaman jamaah haji dan umrah. Tak hanya itu, dibahas pula mengenai praktik terbaik pengelolaan keramaian, sekaligus menciptakan saluran komunikasi yang efektif antara pihak Kerajaan dan sektor terkait dalam pengelolaan haji.

Diskusi kali ini difokuskan pada cara untuk mengembangkan dan meningkatkan pengalaman peziarah melalui berbagai layanan di berbagai lokasi di situs suci. Saudi juga ingin memperkenalkan kegiatan budaya dan ilmiah yang dapat diikuti para peziarah, seperti kunjungan lapangan, tamasya belanja dan acara rekreasi.

Dilansir di Asharq Al-Awsat, Kamis (4/2), keberlanjutan ekonomi, lingkungan dan sosial dalam meningkatkan produksi lokal juga ikut diperhatikan. Anggota forum berusaha mempelajari cara-cara mengurangi polusi, mendukung energi bersih dan meningkatkan kapasitas situs suci untuk menampung lebih banyak peziarah.

Menteri Pendidikan Saudi, Dr. Hamad Al-Sheikh, mengatakan forum tersebut sejalan dengan upaya yang dilakukan Penjaga Dua Masjid Suci Lembaga Penelitian Haji dan Umrah Universitas Umm Al Qura, untuk melibatkan peneliti dan spesialis dalam meningkatkan ibadah haji dan umrah.

"Lebih dari seratus studi ilmiah telah diserahkan ke forum tersebut. Mereka menangani aspek manajemen ekonomi dan media, kesehatan, teknologi informasi dan arsitektur ziarah," kata dia.

Tak hanya itu, dilaporkan lebih dari 25 badan sektor publik maupun swasta ambil bagian dalam acara tersebut.

Di hari kedua, forum ini akan melakukan pertemuan tingkat menteri yang membahas tentang keberhasilan Kerajaan dalam memerangi pandemi Covid-19. Pertemuan ini juga akan dibahas bagaimana mengatasi dampak pandemi pada kunjungan Haji dan Umrah.

Media resmi Kerajaan, Saudi Press Agency, menyebut Menteri Haji dan Umrah, Dr. Mohammed Saleh bin Taher Benten; Menteri Pendidikan, Dr. Hamad Al-Sheikh; Menteri Kesehatan, Dr. Tawfiq Al-Rabiah; dan Presiden Jenderal Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci, Sheikh Dr. Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais akan berpartisipasi dalam pertemuan tersebut.  

 

Sumber: https://english.aawsat.com/home/article/2782096/saudi-arabia-seeks-enrich-hajj-umrah-experiences

 

widget->kurs();?>